Tren Pole Dance Makin Diminati Awam dan Artis, Digandrungi Dewi Perssik hingga Prilly Latuconsina

Pole dance tak asing di masyarakat Indonesia. Sejumlah artis Tanah Air pernah dan masih menggandrungi olahraga ini dari Dewi Perssik hingga Prilly Latuconsina.

oleh Wayan Diananto diperbarui 17 Agu 2024, 21:42 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2024, 17:40 WIB
Pole Dance
Pole dance tak asing di masyarakat Indonesia. Sejumlah artis Tanah Air pernah dan masih menggandrungi olahraga ini dari Dewi Perssik hingga Prilly Latuconsina. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arline Felinawati)

Liputan6.com, Jakarta Olahraga pole dance alias pole dancing tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sejumlah artis Tanah Air pernah dan masih menggandrungi olahraga ini. Dewi Perssik misalnya, merasakan manfaat rajin pole dance.

Pada 2020 hingga 2022, Prilly Latuconsina kerap mengunggah foto dan video menekuni pole dance. Mulanya, olahraga ini mendapat stigma negatif di kalangan masyarakat tertentu karena dianggap terlalu “menggoda.”

Perlahan tapi pasti, stigma negatif pole dance meluntur mengingat sejumlah praktisi mendengungkan informasi seputar gerakan dan manfaatnya. Salah satunya, Arline Felinawati yang dianggap publik menginspirasi.

Dengan jam terbang tinggi, Arline Felinawati adalah guru sekaligus inspirator yang menekankan pentingnya melihat pole dance sebagai bentuk seni dan olahraga. Bukan gerakan yang vulgar alias seronok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ubah Cara Pandang Masyarakat

Arline Felinawati. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arline Felinawati)
Arline Felinawati. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arline Felinawati)

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Jumat (16/8/2024), Arline Felinawati ingin mengubah cara pandang masyarakat Tanah Air terhadap pole dance.

“Saya ingin mengubah cara pandang masyarakat. Pole dance bukan tentang sensualitas, tetapi menguasai tubuh dan meningkatkan kesehatan fisik,” kata Arline Felinawati.

 


Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh

Arline Felinawati. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arline Felinawati)
Arline Felinawati. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arline Felinawati)

Pole dance meningkatkan kekuatan otot, terutama lengan, perut, dan kaki, yang berperan penting dalam menopang tubuh. Ia meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

“Fleksibilitas dan keseimbangan tubuh dua aspek penting dalam kebugaran yang sering terabaikan. Dalam jangka panjang, rutin pole dancing memperbaiki postur tubuh dan mengurangi risiko cedera akibat ketidakseimbangan otot,” urainya.

 


Sudut Pandang Yang Lebih Positif

Dewi Perssik dan olahraga pole dance. (Foto: Dok. Instagram @dewiperssik9)
Dewi Perssik dan olahraga pole dance. (Foto: Dok. Instagram @dewiperssik9)

Arline Felinawati bersyukur pole dance perlahan diterima masyarakat. Berbagai kompetisi pole dance mulai diadakan, dalam skala lokal maupun nasional. Sejumlah artis seperti Dewi Perssik dan Prilly Latuconsina pun tak ragu mengunggah aktivitas menekuni pole dance di medsos.

“Semoga masyarakat melihat olahraga ini dari sudut pandang yang lebih positif dan menerima bahwa pole dancing salah satu cara menyenangkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh,” Arline Felinawati mengakhiri.

 

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya