Fenomena di Dunia KPop Selama 2013 [Jilid II]

Beberapa fenomena yang terjadi di dunia KPop ini tak terlupakan. Apa saja mereka?

oleh Desika Pemita diperbarui 30 Des 2013, 18:10 WIB
Diterbitkan 30 Des 2013, 18:10 WIB
kpop-131230b.jpg
Fenomena yang terlupakan di dunia KPop menjadi perbincangan unik di ranah media. Sebelumnya, beberapa hal menarik di industri KPop yang tengah merajalela sempat diulas, di antaranya Videoklip, Artis Wanita dengan Karya yang Menonjol, hingga Penyanyi KPop Diakui di Dunia Hiburan Internasional, kini giliran yang tak terlupakan di hallyu wave akan dibahas.

Kali ini, kegiatan idola hingga penggemar yang sangat mengganggu dengan sebutan sasaeng fans menjadi buah bibir di publik. Bahkan, artis yang melakukan skandal ketika ikut wajib militer juga jadi bahasan menarik.

Yuk, mari mulai pembahasan ini satu persatu:


Konser Dunia

Untuk menguasai dunia hiburan internasional, idola hallyu biasanya akan menggelar konser dunia. Aksi di hadapan penonton di berbagai negara berbeda itu juga dilakukan agar makin eksis di negara tujuan.

Ramai-ramai idola hallyu menggelar konser yang digelar dari mulai benua Asia, Amerika hingga Eropa. Selain itu, aksi artis asal negeri ginseng ini rupanya mendapatkan sambutan yang meriah dari penonton internasional.

Sebut saja Super Junior dalam konser Super Show 5 yang berlangsung sepanjang 2013 ini. Kyuhyun dan kawan-kawan berhasil memuaskan hasrat penggemarnya mulai dari Indonesia hingga Meksiko.

Bahkan, CNBLUE pun juga dengan asyik memainkan alat musiknya dan melantunkan nyanyian dari Asia hingga Australia demi BOICE--sebutan penggemar CNBLUE--di negara-negara yang berbeda. Mereka pun membuat konsep yang berbeda di setiap aksinya.

Aksi 9 dara cantik Girls Generation yang membuat penonton di berbagai negara lumer. Dengan menawan dan koreografi yang menggigit membuat penonton di hamparan dataran yang berbeda terpana.

Masih banyak lagi idola hallyu yang menggelar konser dunianya dengan sukses, diantaranya 2NE1, INFINITE, hingga B1A4.




Kolaborasi

Agar memberikan penampilan yang berbeda, idola hallyu melakukan kolaborasi. Biasanya, `duet maut` atau kerja sama ini dilakukan sesama artis di bawah agensi yang sama.

Kolaborasi yang tak bisa terlupakan adalah duet maut antara HyunA dan Hyunseung. Lewat album bertajuk chemistry, HyunA dan Hyunseung merilis single Now. Mereka membuat penggemarnya histeris karena kemesraan yang dipamerkan keduanya, baik dalam proses penggarapan lagu dan video klip.

Selain itu, masih ada Henry `Super Junior` M yang menggandeng Kyuhyun dalam proyek solo Henry berjudul Trap. Dua idola di bawah asuhan SM Entertainment ini terlihat senada ketika melantunkan lagu tersebut.

Kini, ada juga  Lee Jong Hyun `CNBLUE` dan Juniel yang menelurkan Love Falls. Dua penyanyi yang diasuh FNC Entertainmnet meluncurkan tema cinta remaja dalam kolaborasi asyik ini.

Lalu, masih ada Lee Hi dengan Park Bom `2NE1` yang mengeluarkan karya natal bertajuk All I want Christmas Is You. Lee Hi dan Park Bom ada di bawah YG Entertainment menelurkan karya di hari sakral tersebut.



Sasaeng Fans atau penggemar yang menyebalkan

Menjadi idola, sudah tentu harus bisa menghadapi penggemar yang terkadang memiliki sikap nyeleneh. Lalu, bagaimana dengan penggemar yang menyebalkan?

Sasaeng fans atau disebut juga penggemar yang menyebalkan ini bisa juga disebut sebagai fans militan. Bayangkan saja, mereka tak hanya mengidolakan artis ternama, tapi juga mendewakannya. Sasaeng fans telah berani menggangu kehidupan idola hallyu hingga ke ranah pribadinya.

Fans militan ini biasanya akan mencoba untuk masuk ke kediaman pribadi artis. Hal itu pernah dialami G-Dragon. Pentolan Big bang itu sempat kesal karena sasaeng fans yang terus `memburu` rumah keluarganya. Akibatnya, ibu dan saudara perempuan G-Dragon sempat terkejut.

Selain itu, EXO juga sempat mengungkapkan kekesalannya terhadap sasaeng fans. Mereka terganggu dengan sasaeng fans yang membuat acara pernikahan sakral salah satu kerabat EXO menjadi rusuh.

Bahkan, Seungri juga mengalami kejadian serupa. Seungri dilaporkan mengalami kecelakaan karena dikejar sasaeng fans.



Skandal militer

Se7en diduga melanggar peraturan. Idola hallyu ini dilaporkan ke panti pijat ketika bertugas. Se7en tak seorang diri, penyanyi asuhan YG Entertainment itu meninggalkan tempat hiburan tersebut bersama Sanchu.

Sebelum ada insiden Se7en dan Sangchu mengunjungi tempat pijat dewasa ilegal disaat melakukan wajib militer, publik telah heboh dengan pemberitaan mengenai Rain. Pasalnya, Rain dianggap melanggar wajib militer dengan mengunjungi artis yang menjadi kekasihnya Kim Tae Hee.

Akibatnya, idola hallyu yang melakuan wamil dianggap mendapatkan perlakukan khusus. Dengan maraknya kasus tersebut, penghapusan unit khusus untuk tentara KPop ini pun dilakukan.

Jadi, idola hallyu akan mendapatkan hak dan kwajiban yang sama seperti warga negara Korea Selatan lainnya. Mereka akan disebar ke barak dan unit biasa. Selain itu, peraturan terhadap idola yang melakukan wamil pun mulai diperketat.

Idola hallyu yang tengah menjalani wamil dilarang keras terlalu banyak muncul di publik. Mereka harus benar-benar merasakan kerasnya kehidupan tentara. (Des)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya