Senangnya, Puluhan Disabilitas Jember Dapat SIM D Gratis

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember meyerahkan 25 SIM D gratis kepada sejumlah penyandang Disabilitas.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 14 Des 2022, 20:03 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 20:03 WIB
Penyerahan SIM D gratis oleh Kasatlantas Polres Jember AKP Enggarani Laufria  kepada para penyandang disabilitas. (Istimewa)
Penyerahan SIM D gratis oleh Kasatlantas Polres Jember AKP Enggarani Laufria kepada para penyandang disabilitas. (Istimewa)

Liputan6.com, Jember - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember meyerahkan 25 SIM D gratis kepada sejumlah penyandang Disabilitas. Pembagian SIM D gratis dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI).

Kasatlantas Polres Jember AKP Enggarani Laufria mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Bank BRI menyerahkan 25 SIM D gratis kepada penyandang Disabilitas yang telah mengikuti proses uji SIM, teori dan praktek, di lapangan uji SIM Satlantas Polres Jember bagi yang lulus.

“Penyerahan SIM D tersebut diharapkan bisa membuat penyandang Disabilitas tetap berkarya dan mencari nafkah. Hal tersebut menjadi memotivasi anggota polisi dan masyarakat untuk meniru semangat mereka,” ujar Enggarani, Rabu (14/12/2022).

AKP Enggar mengatakan, penyerahan SIM D gratis kepada penyandang disabilitas juga dimaksudkan untuk menyosialisasikan tentang hak yang sama bagi warga negara untuk berkendara.

"Kepemilikan SIM sudah diatur dalam undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Teman-teman yang disabilitas bisa mengurus atau memohon SIM D," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang penyandang disabilitas Hadi Siswanto yang menerima SIM D dari Kasatlantas Polres Jember, mengaku senang bisa memperoleh SIM D yang merupakan SIM khusus bagi kami (difabel).

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Satlantas Polres Jember, yang telah memberikan pelayanan khusus bagi kami (Disabilitas), dan kami sangat senang memiliki SIM D,” pungkasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya