5 Rekomendasi Pantai di Malang Selatan yang Masih Tersembunyi

Pantai di kawasan Malang selatan ini laksana surga tersembunyi karena belum dipadatai wisatawan

oleh Zainul Arifin diperbarui 09 Feb 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2023, 18:03 WIB
5 Rekomendasi Pantai di Malang Selatan yang Masih Tersembunyi
Pantai Teluk Putri Kabupaten Malang (FB : Pantai Teluk Putri)

Liputan6.com, Malang - Deretan pantai selatan di Malang dikenal memiliki keindahan alam nan eksotis. Namun, tak semua pantainya dikenal luas oleh publik. Sebab ada beberapa di antaranya yang masih tersembunyi.

Mungkin publik sudah mengenal deretan pantai di Malang seperti Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Pantai Bekung, Pantai Tiga Warna dan lainnya. Selain pantai yang sudah kondang itu, Malang juga punya pantai-pantai lain yang tak kalah indahnya.

Bahkan, pantai-pantai itu bisa dibilang belum banyak dieksplore oleh para wisatawan. Karena belum sering dijejali manusia itulah pantai yang mempesona dan eksotis itu patut dikunjungi. Tapi ingat agar tetap menjaga kebersihan dan kelestariannya.

Inilah 5 Rekomendasi pantai di Malang yang masih tersembunyi

1.Pantai Teluk Putri

Pantai Teluk Putri terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Lokasinya memang berdekatan dengan Pantai Ngliyep, tapi tak semua orang tahu tempat eksotis yang tersembunyi ini.

Nama pantai ini merujuk pada sepanjang area teluk dilapisi pasir putih bersih dan lembut, bak kulit para putri. Tapi di pantai ini ada larangan bagi pengunjung untuk berenang, mengingat ombaknya cukup besar.

Namun, ada pilihan alternatif untuk menghabiskan waktu di sini selain dengan berenang. Kamu bisa menikmati keindahan alam dengan naik ke puncak Bukit Cinta Kasih dalam waktu kurang dari setengah jam saja. Keindanhan pantai di Malang ini pun bisa dninikmati.


2.Pantai Bolu-bolu

5 Rekomendasi Pantai di Malang Selatan yang Masih Tersembunyi
Pantai Bolu - Bolu di Tirtoyudho, Kabupaten Malang (IG : @pantaibolubolu )

Pantai Bolu-bolu terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo. Untuk menuju ke pantai ini, Anda harus lebih dahulu datang ke Pantai Lenggoksono yang merupakan pintu masuk wisata alam di sekitarnya.

Di pantai ini kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut. Jangan khawatir bila tidak membawa peralatan menyelam tersebut. Sebab Tersedia tempat persewaan alat di pantai ini.

Bukan cuma itu saja, pasir putih pantai ini juga menggoda. Pesona alam khas pantai selatan akan tersaji di depan mata para pengunjung. Lokasinya yang terpencil menciptakan suasana tenang di pantai ini.

3.Pantai Weden Cilik

Pantai Weden Cilik ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Eksotisme pantai ini tersimpan pada pasir pantai yang bisa dinikmati pengunjung.

Weden atau pasir dan cilik berarti kecil. Seperti namanya, pantai ini hanya memiliki hamparan pasir yang tak terlalu luas. Hanya sekitar 100 meter saja. Tapi, itu sudah cukup bagi para pemburu kesenangan bermain di atas hamparan pasir putih.

Begitu menginjakkan kaki di atas lembutnya pasir, jangan pulang dulu sebelum puas. Menariknya, jika berkunjung ke pantai ini, kamu akan mendapatkan bonus sekalian pergi ke Pantai Sendiki, Pantai Batu, dan Pantai Weden Kaliapus.


4.Pantai Jonggring Saloka

5 Rekomendasi Pantai di Malang Selatan yang Masih Tersembunyi
Pantai Jonggring Saloka surga tersembunyi di Donomulyo, Kabupaten Malang (IG : @pantaijonggringsaloka)

Pantai Jonggring Saloka terletak di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo. Nama itu sendiri diambil dari cerita pewayangan, yang merupakan nama sebuah kahyangan yang ditinggali oleh Batara Narada.

Tak berlebihan julukannya sebagai bagian dari kahyangan, keindahan pantai ini seolah menghipnotis pengunjung. Keistimewaan pantai ini ada pada fenomena 'Watu Ngebros' di mana dari kumpulan batu karang besar menjulang di bibir pantai ini bisa keluar semburan air ke udara.

Selain itu, di pantai ini juga kerap muncul pelangi ketika fenomena watu ngebros itu terjadi. Kemunculannya biasanya hanya ketika ada ombak besar menghajar rongga batu karang raksasa bertepatan cahaya matahari mengarah menyinari muncratan air itu.

5.Pantai Pancer

Pantai Pancer terletak di Desa Sidosari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Keistimewaan pantai ini airnya masih sangat bersih, tanpa sampah dan dikelilingi bukit nan hijau.

Lokasinya sangat cocok buat kamu yang punya hobi-hobi ekstrem. Misalnya saja berendam di tepian laut, meski kamu tetap harus waspada mengingat ini kawasan pantai selatan. Menikmati angin sepoi-sepoi di atas hamparan pasir tentu.

Kamu juga bisa menyusuri jalan setapak di antara barisan bukit yang ada di sekeliling pantai tersebut. Memang, medannya cukup terjal dan menantang, sehingga nyali kamu benar-benar diuji di sini. Terlebih ada jalan tanjakan yang lumayan curam khas perbukitan.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya