Eri Cahyadi: Tak Ada Jalan Rusak Berat di Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan tidak ada jalan yang rusak berat di Surabaya. Pihaknya sudah melakukan penambalan jalan ketika ada yang berlubang atau membahayakan pengendara.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 10 Mei 2023, 23:04 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 23:04 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

 

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan tidak ada jalan yang rusak berat  di Surabaya. Pihaknya sudah melakukan penambalan jalan ketika ada yang berlubang atau membahayakan pengendara.

"Jalan rusak di Surabaya dari dahulu tidak ada, kalau bolong (berlubang), iya. Semuanya sudah saya sampaikan ke WhatsApp grup Forum Komunikasi (Forkom) kelurahan dan kecamatan," katanya, Rabu (10/5/2023).

Menurut dia, jika ada laporan jalan berlubang, dipastikan segera ditindaklanjuti oleh pemkot melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya.

Semenjak adanya WhatsApp grup forkom, kata dia, masyarakat beramai-ramai melaporkan jalan berlubang, banjir, hingga masalah sosial lainnya. Setelah dilaporkan melalui grup tersebut, ia memastikan, jajaran pemkot akan segera menindaklanjuti informasi yang disampaikan ke dirinya melalui grup tersebut.

"Karena kami tidak bisa tahu semuanya, ketika sudah disampaikan melalui grup forkom, otomatis akan ditindaklanjuti sama teman-teman untuk ditambal. Misal, ketika ditambal oleh teman-teman tidak bisa, maka akan kita lakukan pelelangan," ujarnya lagi.

Cak Eri mengatakan, pemkot tidak bisa jika harus melakukan penambalan jalan yang berlubang secara keseluruhan karena memiliki skala prioritas yang harus diutamakan, seperti penanganan banjir, warga miskin, stunting, gizi buruk, anak putus sekolah dan sebagainya. 

"Jadi, tidak bisa kalau harus diaspal mulai ujung sampai ke ujung, tapi kami melakukan penambalan. Nanti dilihat, penambalannya bagus atau tidak," kata Cak Eri.

Cak Eri menjelaskan, jalan di Surabaya tidak bisa dipukul rata dilakukan pengaspalan secara keseluruhan jika ada yang berlubang karena jalanan di Kota Pahlawan terdiri dari jalan nasional, provinsi, dan ada yang milik pengembang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kirim Surat ke Pusat

"Setelah Pak Jokowi kunjungan ke Provinsi Lampung beberapa waktu lalu menyampaikan, jalan kota mana yang rusak, jalan nasional mana yang rusak, untuk diperbaiki. Seperti Jalan Osowilangun depannya Romokalisari Adventure Land, itu kalau warga tidak tahu, dikira jalannya Surabaya, padahal itu jalan nasional. Saya juga tidak mungkin membangun jalan nasional, jalan di Surabaya saja masih banyak yang harus diperbaiki," katanya pula.

Maka dari itu, Cak Eri menyampaikan, Pemkot Surabaya melalui DSDABM telah berkirim surat ke pemerintah provinsi untuk diteruskan ke pusat, memohon perbaikan jalan nasional mana yang perlu dibenahi. Sedangkan jalan yang menjadi kewenangan pemkot akan diperbaiki sendiri.

"Artinya, jalan di Kota Surabaya sejauh ini tidak ada yang rusak, kalau berlubang pasti segera kami tambal," ujarnya lagi.

Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pernyataan Jokowi Usai Jajal Jalan Rusak di Lampung. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya