UAJ Gandeng Perhumas Tingkatkan Mutu Pendidikan di Bidang Komunikasi

Rektor Unika Atma Jaya Jakarta Yuda Turana menyatakan, dalam era yang kian mengglobal, dimana kompleksitas dan ketidakpastian begitu mendeterminasi, butuh peran dan fungsi komunikasi strategis untuk meningkatkan kualitas keilmuan di kampus.

oleh Tim Regional diperbarui 18 Mei 2024, 12:47 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2024, 08:35 WIB
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) bekerja sama dengan Perhumas kembangkan  mutu pendidikan di bidang komunikasi. (Istimewa)
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) bekerja sama dengan Perhumas kembangkan mutu pendidikan di bidang komunikasi. (Istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) menggandeng Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) untuk peningkatan mutu pendidikan di bidang komunikasi ke seluruh jajaran fakultas dan unit kerja di lingkungan kampus.

Rektor Unika Atma Jaya Jakarta Yuda Turana menyatakan, dalam era yang kian mengglobal, dimana kompleksitas dan ketidakpastian begitu mendeterminasi, butuh peran dan fungsi komunikasi strategis untuk meningkatkan kualitas keilmuan di kampus.

"Selain itu, adanya tambahan dari perspektif komunikasi akan meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa dalam berkomunikasi yang akan bermanfaat dan dirasakan saat bekerja di lapangan nanti,” ujarnya dalam keterangan, Sabtu (18/5/2024).

Yuda mengatakan, kerja sama dengan Perhumas juga menyangkut dalam melaksanakan kegiatan terkait riset-riset terbaru dan pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Ketua Umum Perhumas Boy Kelana mengatakan, kerja sama dengan UAJ membuktikan kebutuhan akan perandan fungsi komunikasi kian strategis dan menentukan. Fungsi komunikasi dapat membantu mengatasi kompleksitas dan ketidakpastian global.

“Kebutuhan akan komunikasi dalam dunia nyata untuk membantu sektor-sektor strategis dan penting bagi masa depan kehidupan semakin menentukan. Misalnya kebutuhan akan komunikasi pembangunan, komunikasi kesehatan, dan komunikasi krisis,” kata Boy Kelana.

Saat ini, kata Boy kelana, kemampuan komunikasi utama yang menentukan terlihat jelas saat memberikan penjelasan kepada masyarakat yang kian kritis dan demanding, sehingga membutuhkan kompetensi komunikasi yang kian canggih lagi, yaitu dalam hal meyakinkan dan mempengaruhi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Oragnisasi Humas

Lebih jauh Boy mengemukakan bahwa terdapat sejumlah organisasi serumpun yang menjadi partner Perhumas dalam mengembangkan fungsi strategis komunikasi, seperti Perhimpunan Humas RSI ndonesia (Perhumasri) yaitu organisasi profesi humas-humas rumah sakit.

Selain itu ada juga Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas) yang beranggotakan para insan humas aparatur sipil negara, dan jugaAsosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia atau APPRI.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya