Peringatan 26 Tahun Reformasi, Cipayung Plus Demo di Gedung DPRD Kota Malang

Satu per satu perwakilan organisasi ekstra kampus bergiliran berorasi. Mereka juga membakar tumpukan ban bekas di depan Gedung DPRD Kota Malang. Aparat keamanan hanya siap siaga selama aksi unjukrasa tersebut.

oleh Zainul Arifin diperbarui 21 Mei 2024, 23:55 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2024, 23:55 WIB
Peringatan 26 Tahun Reformasi 98, Cipayung Plus Gelar Unjukrasa di Malang
Mahasiswa dari Cipayung Plus menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang, Selasa, 21 Mei 2024 untuk memperingati 26 tahun Reformasi 98 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Malang - Ratusan mahasiswa dari Cipayung Plus berunjukrasa di depan Gedung DPRD Kota Malang, Selasa, 21 Mei 2024 sore. Mereka menuntut penuntasan agenda reformasi 98 yang gagal dijalankan pemerintahan hari ini.

Mahasiswa membawa banner dan poster berisi berbagai tulisan kritik seperti "Reformasi dibegal Jokowi", "Reformasi Dikorupsi" sampai "Tolak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme". Aksi mahasiswa ini bagian dari peringatan 26 tahun reformasi.

Satu per satu perwakilan organisasi ekstra kampus bergiliran berorasi. Mereka juga membakar tumpukan ban bekas di depan Gedung DPRD Kota Malang. Aparat keamanan hanya siap siaga selama aksi unjukrasa tersebut.

"Kami turun untuk mengoreksi agenda reformasi 98 yang tak dijalankan karena dikhianati oleh Jokowi," kata salah seorang orator aksi.

Koordinator lapangan aksi Cipayung Plus, Yohanes Bhoka Pega, mengatakan momentum untuk kembali menyuarakan amanat refornasi 98. Seperti praktik KKN yang kembali menggejala dan terancamnya kebebasan berpendapat.

"Isu masyarakat adat yang semakin terpinggirkan serta komersialisasi pendidikan," ujar Yohanes.

Dia mengatakan, Cipayung Plus [Malang] Raya menuntut penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menolak RUU Penyiaran, pengesahan UU Perampasan Aset, sampai penuntasan kasus pelanggaran HAM berat.

"Termasuk menegakan supremasi hukum karena negara ini negara hukum," kata Yohanes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gedung Dewan Nihil Wakil Rakyat

Peringatan 26 Tahun Reformasi 98, Cipayung Plus Gelar Unjukrasa di Malang
Massa mahasiswa Cipayung Plus membakar ban bekas dalam aksi unjukrasa di depan gedung DPRD Kota Malang pada Selasa, 21 Mei 2024 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Massa mahasiswa yang tak puas berorasi kemudian ingin masuk ke dalam gedung DPRD Kota Malang. Upaya mereka masuk terhalang lantaran pagar gedung wakil rakyat itu ditutup rapat. Sempat terjadi aksi dorong dengan petugas keamanan.

Seteleh berkomunikasi dengan perwakilan aparat keamanan, massa mahasiswa diizinkan masuk ke pelataran gedung dewan. Namun keinginan massa aksi untuk menyuarakan aspirasinya lewat anggota dewan gagal. 

Sebab tak ada satu pun anggota dewan yang ada di kantor. Sudah beberapa hari ini para legislator sedang berkunjung ke luar daerah. Meski begitu, mereka tetap membacakan tuntutan aksi tersebut. Sekaligus mengkritik kerja anggota DPRD Kota Malang.

"Kami dengan ini menyatakan mosi tidak percaya terhadap pemerintah dan legislatif," ujar Yohanes Korlap Aksi itu.

 

Infografis Kilas Balik Reformasi Mei 1998. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Reformasi Mei 1998. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya