Persiapan Capai 95 Persen, Surabaya Siap Gelar Piala AFF U-19

Terkait transportasi juga telah dipersiapkan semaksimal mungkin, belajar saat pelaksanaan Piala Dunia U-17 yang lalu.

oleh Tim Regional diperbarui 25 Jun 2024, 14:04 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 14:04 WIB
Eri Cahyadi
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengucap rasa syukur daerah yang dipimpinnya mampu menggelar Piala Dunia U-17 2023 dengan lancar. (Bola.com/Aditya Wany)

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November (G10N) untuk menyambut gelaran Piala AFF U-19 pada 17-29 Juli 2024, telah mencapai 95 persen.

"Dari persiapannya, kami sudah melakukan dengan maksimal, dari pengecekan lampu, pengelolaan sampah dan fasilitas sekitar stadion sudah dimaksimalkan," kata Eri Cahyadi, Selasa (25/6/2024).

Selain itu, kedua stadion yang akan dipakai pertandingan juga telah dicek oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) maupun FIFA.

"Mereka tidak menemukan catatan krusial, saat meninjau GBT, karena sudah sesuai standar FIFA. Mengingat, sebelumnya stadion tersebut digunakan menggelar pertandingan Piala Dunia U-17, begitu juga di Tambaksari (G10N)," ujarnya.

Terkait transportasi juga telah dipersiapkan semaksimal mungkin, belajar saat pelaksanaan Piala Dunia U-17 yang lalu.

"Kami telah siapkan dari Bus Suroboyo, Semanggi, dan transportasi lainnya, yang pasti belajar dari pengalaman saat Piala Dunia kemarin, dari waktu penjemputan dan sebagainya," tuturnya.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Eringgo Perkasa mengatakan seluruh persiapan penyelenggaraan pertandingan Piala AFF U-19 masih terus berjalan, baik di Stadion GBT maupun Gelora 10 Nopember. 

"Perbaikan itu terus kami lakukan bersama Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya," kata Eringgo. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbaikan Rampung Sebelum 17 Juli 2024

Foto: Kinclongnya Stadion Gelora Bung Tomo yang Siap Gelar Upacara Pembukaan dan Laga Pembuka Piala Dunia U-17 2023
Suasana dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/11/2023) menjelang pembukaan Piala Dunia U-17 2023 yang akan diselenggarakan pada Jumat, 10 November 2023. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dia optimistis seluruh proses perbaikan di dua stadion tersebut bisa selesai sebelum tanggal 17 Juli 2024. 

"Sisi belakang Gelora 10 Nopember ada Asrama Karanggayam, karena itu nanti juga akan digunakan sebagai tempat pendidikan Persebaya," tutur dia.

Dalam kejuaraan sepak bola internasional yang diperebutkan oleh tim nasional anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) itu, Timnas Indonesia U-19 berada pada Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Sementara untuk grup B dihuni oleh Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia, sedangkan grup C diisi oleh Malaysia, Thailand, Singapura, serta Brunei Darussalam.

Pertandingan tahun ini, hanya tim berstatus juara grup yang dipastikan melaju ke fase gugur, tepatnya babak semifinal. Sedangkan tim runner-up hanya diambil satu dari tiga grup tersebut. 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya