Gelar Capacity Building, Dirjen Bina Pemdes Harap Semua Pegawai Kompak Tidak Ego Sektoral

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad Pidana Bolombo mengatakan, tujuan awal kegiatan capacity building dilaksanakan agar semua pegawai solid, kompak, dan menjaga kebersamaan.

oleh Tim Regional diperbarui 19 Jul 2024, 13:16 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 13:08 WIB
Ditjen Bina Pemdes menggelar capacity building di Bogor untuk menjaga kekompakan pegawai. (Istimewa)
Ditjen Bina Pemdes menggelar capacity building di Bogor untuk menjaga kekompakan pegawai. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Capacity Building Team Work Training 18-20 Juli 2024, di Bogor, Jawa Barat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad Pidana Bolombo mengatakan, tujuan awal kegiatan capacity building dilaksanakan agar semua pegawai solid, kompak, dan menjaga kebersamaan.

"Bagaimana kita bisa mengampu puluhan ribu desa kalau kita sendiri tidak kompak, kita sendiri tidak solid, tidak kebangun rasa kebersamaan. Saya kira penting untuk melaksanakan capacity building yang sudah direncanakan jauh-jauh hari agar terwujud kebersamaan tidak ada lagi sekat-sekat ke depannya," ujar La Ode, Kamis (18/07/2024).

Lebih lanjut, La Ode mengatakan kegiatan capacity building ini juga merupakan arahan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia agar para pegawai di Ditjen Bina Pemdes terjalin kekompakan dan kebersamaan.

La Ode berharap ke depan tidak ada lagi ego sektoral di masing-masing komponen di Ditjen Bina Pemdes. Semua pegawai harus kompak untuk bekerja demi penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih baik.

"Kegiatan ini terwujud tidak lain untuk memupuk kebersamaan, menghilangkan sekat dengan semangat pengabdian dan kebersamaan, sehingga ke depan kita bisa melaksanakan tugas dengan baik," ungkap La Ode.

"Saya berharap tidak lagi hanya mengurusi pilkades, mengurusi batas desa, lomba desa, Siskeudes, perencanaan desa, Posyandu, PKK dan lain sebagainya, saya katakan tidak ada seperti itu. Saya mengatakan semua komponen Bina Pemdes harus bersama mengawasi desa. Jadi jangan ada ego sektoral," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Kerja Sama dan Komunikasi Pegawai

Sekretaris Ditjen Bina Pemdes Paudah mengatakan capacity building di Ditjen Bina Pemdes terakhir dilaksanakan 2019 karena 2020-2022 terkendala pandemi Covid-19.

Paudah menambahkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, maupun sikap perilaku para pegawai.

Paudah juga bertahap melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kerjasama dan komunikasi pegawai agar kinerja lebih baik.

"Melalui kegiatan ini juga diharapkan terbangun sinergi yang intensif dan terciptanya tim kerja handal yang berkinerja baik," ujar Paudah.

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya