Mengenal Kopi Putih yang Kaya Antioksidan, Tapi Rasanya Seperti Jerami

Keuntungan pemanggangan ringan ini, akan mempertahankan senyawa rasa yang lebih mudah menguap dan lembut. Rasa ini sering hilang apabila biji kopi diproses dengan pemanggangan biasa.

oleh Tim Regional diperbarui 05 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 14:00 WIB
Beda dengan Indonesia, Ini Tradisi Minum Kopi di Austria
Jika Anda berkesempatan minum kopi di kafe di Austria, maka jangan kaget ketika kopi akan datang bersama air putih. (iStockphoto)

 

Liputan6.com, Surabaya - Umumnya biji kopi disangrai sehingga menghasilkan warna kehitaman atau coklat tua. Berbeda dengan kopi putih, yang tampak lebih cerah meskipun sudah disangrai.

Kopi putih sebetulnya sama-sama menggunakan biji kopi pada umumnya, namun berbeda dalam tekhnik saat disangrai, yaitu dengan tingkat pemanggangan yang lebih ringan dari kopi biasa.

Pakar pemanggang kopi Samuel Kelin mengatakan kopi putih disangrai hingga suhu akhir sekitar 320 derajat Fahrenheit (160 derajat celsius), jauh lebih rendah daripada sangrai ringan pada umumnya.

"Pada dasarnya, ini mirip dengan gaya kopi yang secara tradisional dikonsumsi di Jazirah Arab, yang biasanya dicampur dengan campuran rempah-rempah seperti Hawaii," katanya, dilansir dari Antara, Minggu (4/8/2024).

Suhu pemanggangan yang lebih rendah menghasilkan profil rasa yang unik yang berbeda dari pemanggangan yang lebih gelap.

Keuntungan pemanggangan ringan ini, akan mempertahankan senyawa rasa yang lebih mudah menguap dan lembut. Rasa ini sering hilang apabila biji kopi diproses dengan pemanggangan biasa.

Dalam kasus kopi putih, ini menghasilkan rasa yang sangat bersahaja. Kopi ini memiliki rasa seperti jerami atau kacang dengan body yang sangat ringan, kata Klein.

Peminum kopi putih mengklaim minuman tersebut mengandung lebih banyak kafein daripada cangkir biasa, kata Klein. Teorinya adalah bahwa suhu pemanggangan yang lebih rendah menyebabkan lebih sedikit kafein yang terpanggang.

"Namun, kandungan kafein sangat bergantung pada pengukuran, Kopi putih kemungkinan besar memiliki lebih banyak kafein berdasarkan volume, tetapi lebih sedikit kafein berdasarkan berat, daripada jumlah kopi yang setara yang dipanggang dengan tingkat pemanggangan yang lebih konvensional," katanya.

Dengan kata lain, kemungkinan tidak ada perbedaan besar dalam jumlah kafein dalam minuman yang dipanggang terang dan gelap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kadar Antioksidan Lebih Tinggi, Baik Untuk Kesehatan

Kopi putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan, utamanya adalah kadar antioksidannya yang lebih tinggi—yakni, nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, menurut Mayo Clinic .

"Kopi putih mengandung lebih banyak asam klorogenat, polifenol penting dengan sifat antioksidan," kata Klein.​​​​​​

Klein mengatakan kopi putih tidak sepenuhnya rendah asam. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sangrai yang lebih gelap lebih mudah di lambung daripada sangrai sedang atau lebih terang.

Misalnya, sebuah studi Februari 2014 di Molecular Nutrition and Food Research 2 menyimpulkan bahwa sangrai yang lebih gelap menyebabkan sekresi asam lambung lebih sedikit daripada sangrai sedang.

Artinya kopi putih tidak terlalu pahit atau tidak terlalu asam, tidak sepenuhnya benar. Beberapa jenis kopi memiliki kandungan asam yang tinggi, yang dapat mengganggu lambung dan berpotensi memicu nyeri ulu hati. Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda seorang pencinta kopi dengan masalah kesehatan usus tertentu.

 


Metode Penyajian Kopi Putih

Untuk penyajian, banyak penggemar kopi putih menikmatinya dalam bentuk espresso, kata Klein. Dan jika Anda lebih suka metode tuang, perlu diingat bahwa kopi putih akan terlihat sedikit bening dan mungkin tidak memiliki "isi" seperti seduhan biasa.

Melakukan tuang kedua dapat menjadi cara yang bagus untuk membuat kopi Anda lebih kuat , lebih kaya, dan lebih memuaskan. Atau, menambahkan satu sendok kopi panggang yang lebih gelap dapat membantu menciptakan campuran yang unik.

Jika Anda memilih cara ini, pastikan untuk memilih varietas yang melengkapi rasa kacang kopi putih.

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona
Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya