Samsung Galaxy S6 Sudah `Made In` Indonesia Lho

Samsung menyatakan bahwa handset Galaxy S6 dan S6 Edge sudah dibuat di pabrik Samsung di Indonesia.

oleh Adhi Maulana diperbarui 30 Apr 2015, 12:30 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2015, 12:30 WIB
Samsung Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 Edge (Foto: Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)

Liputan6.com, Jakarta - Pada acara peluncuran resminya yang berlangsung di Rafless Hotel Jakarta, Rabu (29/4/2015), pihak Samsung menyatakan bahwa handset Galaxy S6 dan S6 Edge sudah dibuat di Indonesia. Tepatnya di pabrik Samsung di bilangan Karawang, Jawa Barat.

"Betul, keduanya sudah diproduksi di Indonesia," ujar Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Indonesia, Lee Kanghyun.

Lebih lanjut ia menjelaskan, langkah Samsung memproduksi kedua smartphone andalan terbarunya itu di Tanah air adalah dalam rangka mendukung regulasi Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) ponsel yang tak lama lagi akan segera disahkan peraturan menterinya (Permen).

"Tujuannya untuk mengikuti regulasi TKDN. Masih belum final, tapi kami bersiap. Namun untuk saat ini Galaxy S6 lebih tepat disebut dirakit di Indonesia," ungkap Lee.

Ini artinya, Samsung masih mengimpor komponen dari luar negeri dan proses perakitannya baru dikerjakan di Indonesia. Pabrik Samsung di Cikarang sendiri awalnya beroperasi sebagai pusat perakitan produk elektronik non-ponsel seperti televisi.

Lee juga mengklaim bahwa ongkos produksi menjadi lebih mahal bila perakitan dilakukan di Indonesia. Meski begitu, "Kami harus tetap melakukan ini untuk mendukung dan mengikuti kebijakan pemerintah Indonesia," sambung Lee.

(dhi/dew)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya