Daftar Smartphone Samsung Galaxy J yang Bakal Cicipi Android Oreo

Berikut ini daftar Samsung Galaxy J yang disebut-sebut akan mendapatkan pembaruan Android Oreo.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 22 Jul 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2018, 09:00 WIB
Galaxy J7+
(kiri) Head of Product Marketing, IT, & Mobile Samsung Indonesia, Denny Galant dan (kanan) Product Marketing Samsung Mobile, Irfan Rinaldy peluncuran Galaxy J7 Plus di Jakarta. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Samsung sempat disebut akan menunda jadwal rilis Android Oreo untuk Galaxy J.

Perusahaan asal Korea Selatan itu masih dikabarkan masih menyiapkan pembaruan sebelum sistem operasi ini benar-benar dirilis.

Terbaru, Samsung ternyata sudah meloloskan 11 tipe Galaxy J untuk mendapatkan sertifikasi dari Wi-Fi Alliance.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (22/7/2018), seluruh perangkat yang didaftarkan itu sudah menjalankan Android Oreo 8.0 atau 8.1.

Sekadar diketahui, sertifkasi dari Wi-Fi Alliance biasanya merupakan tahap terakhir sebelum perusahaan siap merilis pembaruan software.

Karenanya, ada kemungkinan pembaruan ini baru meluncur setidaknya bulan depan.

Untuk mengetahui informasi lengkap seri Samsung Galaxy J yang lolos sertifikasi dan menjalankan Android Oreo, kamu dapat melihatnya di bawah ini.

1. Galaxy J3 (2017) : SM-J330FN

2. Galaxy J3 (2017) : SM-J330F, SM-J330F/DS

3. Galaxy J3 Pro : SM-J330G/DS, SM-J330G

4. Galaxy J7 Neo : SM-J701MT/SS, SM J701M/DS, SM-J701MT, dan SM-J701M

Sebelumnya, jadwal rilis Android Oreo untuk Galaxy J dilaporkan akan mengalami penundaan. Informasi ini diketahui dari situs yang khusus melacak jadwal pembaruan untuk smartphone Samsung di Turki.

Seperti dikutip dari GSM Arena, Guncelmiyiz menyebut tiga model Galaxy J yang akan mendapatkan pembaruan ke Android Oreo adalah Galaxy J3 (2017), Galayx J5 Pro, dan Galaxy J7 Pro.

Adapun ketiga model itu akan mendapat pembaruan pada akhir September 2018. Padahal, dari jadwal sebelumya Samsung disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan pada Juli 2018.

Sayangnya, tak ada penjelasan mengenai alasan tertundanya pembaruan Android Oreo di seri Samsung Galaxy J.

Situs tersebut hanya memberikan keterangan bahwa saat ini sistem operasi anyar tersebut masih dalam tahap uji coba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Samsung Mulai Gulirkan Android Oreo untuk Galaxy A8

Galaxy A8 Plus
Samsung Galaxy A8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, Samsung juga sudah meluncurkan pembaruan Android Oreo untuk Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus. 

Berdasarkan laporan Sam Mobile, pembaruan Android Oreo untuk Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus baru dirilis untuk beberapa wilayah saja.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (12/7/2018), pembaruan ini baru meluncur bagi pengguna di Rusia, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Ukraina.

Bersamaan dengan pembaruan ini, Samsung juga menghadirkan dukungan VoLTE untuk kedua slotSIM. Selain itu, patch keamanan Juli 2018 telah disertakan dalam pembaruan ini.

Sayangnya, dukungan untuk Dolby Atmos tidak disebutkan dalam deskripsi pembaruan.

Sejumlah analis memperkirakan hal ini dilakukan sebab fitur Dolby Atmos di Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus hanya dapat digunakan saat terhubung dengan perangkat audio lain, baik kabel maupun nirkabel.

Pembaruan ini diperkirakan akan rilis secara bertahap ke sejumlah negara lain. Karena itu, pengguna Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus di Indonesia harus sedikit bersabar untuk menjajal manisnya Android Oreo. 


Samsung Galaxy Note 8 Mulai Cicipi Android Oreo

Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Yuslianson

Android Oreo juga sebelumnya sudah dirilis untuk seri Samsung Galaxy Note 8 sejak Maret 2018. 

Peluncuran Android Oreo ini lebih awal daripada jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Samsung beberapa waktu lalu menjadwalkan Galaxy Note 8 akan mendapatkan Android 8.0 Oreo mulai 30 Maret 2018.

Pembaruan OS tersebut juga dilengkapi patch keamanan untuk bulan ini, serta Samsung Experience 9.0.

Samsung Experience terbaru ini berguna untuk meningkatkan berbagai fitur pada smartphone tersebut, termasuk keyboard, pencarian, pengaturan dan kontak.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya