Pengguna Instagram, Kini Kamu Bisa Setop Akses Data Pribadi ke Aplikasi Pihak Ketiga

Instagram menambah fitur baru bagi pengguna untuk mengontrol data pribadi yang mereka bagikan dengan aplikasi pihak ketiga.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 16 Okt 2019, 13:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2019, 13:00 WIB
Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video
Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video (sumber: istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Instagram menambah fitur baru bagi pengguna untuk mengontrol data pribadi yang mereka bagikan dengan aplikasi pihak ketiga.

Tab ini berada di bagian Setting Instagram kemudian pilih opsi Security, lalu ke Apps and Websites untuk melihat layanan pihak ketiga apa saja yang mengakses data pengguna.

Mengutip The Verge, Rabu (16/10/2019), di opsi Apps and Website ini, pengguna bisa melihat aplikasi pihak ketiga yang masih aktif dan telah kadaluarsa yang mengakses data pengguna.

Adapun data pengguna yang bisa dibagikan Instagram ke aplikasi pihak ketiga antara lain adalah informasi profil pengguna, username, tipe akun, foto dan keterangan fotonya.

Sekadar informasi, dengan banyaknya perusahaan pihak ketiga yang bisa terhubung, misalnya layanan cetak foto dan platform web, mereka bisa minta izin untuk meng-import foto dari Instagram.

Nantinya bisa saja sangat sulit untuk melacak aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke akun Instagram pengguna.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Autorisasi Baru

Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video
Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video (sumber: istockphoto)

Untuk membuat prosesnya lebih mudah, Instagram memperkenalkan layar autorisasi baru. Isinya adalah daftar aplikasi pihak ketiga apa saja yang meminta akses atas informasi Instagram.

Pada layar autorisasi ini, pengguna bisa melihat daftar aplikasi pihak ketiga, kemudian memungkinkan pengguna untuk tetap memberi akses atau membatalkan.


Perlu 6 Bulan

Sayangnya, Instagram menyebut peningkatan untuk fitur ini bakal memakan waktu hingga enam bulan.

Waktu ini dianggap sangat lama, karena Instagram biasanya hanya membutuhkan beberapa minggu untuk meluncurkan fitur-fitur Instagram Story pada pengguna.

Banyak yang mempertanyakan, kenapa Instagram butuh waktu lama untuk menggulirkan fitur keamanan penting ini.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya