Membongkar Komponen Poco F2 Pro, Apa Saja Isinya?

Menyambut kehadiran Poco F2 Pro di Indonesia, Xiaomi menggelar sesi teardown untuk membongkar komponen smartphone tersebut dengan lebih detail.

oleh Andina Librianty diperbarui 31 Jul 2020, 17:00 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2020, 17:00 WIB
Teardown Poco F2 Pro
Teardown Poco F2 Pro (Foto: Xiaomi Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah menghadirkan Poco F2 P Pro ke Indonesia. Untuk menyambut kehadirannya, Xiaomi menggelar sesi teardown untuk melihat smartphone tersebut dengan lebih detail.

Melalui sesi teardown yang digelar secara virtual melalui konferensi video, tim Xiaomi Indonesia membongkar unit Poco F2 Pro untuk memperlihatkan bagian dalam smartphone tersebut. Sesi ini dilakukan oleh Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia, Woro Prasetio.

Xiaomi mengingatkan sesi teardown bukan untuk ditiru sendiri oleh pengguna atau orang yang belum berpengalaman.

Sesi teardown dimulai dengan melepas port kartu SIM, menarik cover belakang belakang menggunakan peralatan seperti suction cup dan pemanas untuk memudahkan lem terlepas. Sebanyak 12 baut dilepas untuk bisa membuka pelindung belakang agar bisa mengakses mainboard.

Setelah melepas kabel flexy yang menghubungkan mainboard dengan sub board, modul kamera yang menyatu dengan mainboard bisa diamati lebih dekat. Terdapat empat sensor kamera yakni kamera utama 64 megapiksel menggunakan sensor dari Sony IMX 686, didampingi sensor kamera ultra-wide 13MP, sensor makro 5MP, dan sensor depth 2MP.

Di mainboard tersebut juga tersemat sensor 360 derajat ambient light untuk mendapatkan kondisi pencahayaan layar yang paling ideal, karena didampingi 3 sensor ambient light di posisi lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagian Lain

Poco F2 Pro - Boks dan Unit + Charger
Poco F2 Pro - Boks dan Unit + Charger. Liputan6.com/Mochamad Wahyu

Bagian berikutnya adalah motor yang mendorong kamera depan untuk muncul dari badan ponsel. Di dalamnya terdapat sensor kamera 20MP, yang memungkinkan pengambilan video gerak lambat hingga 120 fps untuk menghasilkan slo-mo-fie.

Teknologi kamera depan ini sudah diuji hingga 300.000 kali untuk memastikan keandalan saat dipakai.

Pada sub board di bagian bawah ponsel terdapat sensor sekaligus modul Wi-Fi, yang dapat dilihat setelah melepas speaker. Komponen Z axis linear motor bisa ditemui di sana, berfungsi untuk memberikan umpan balik dari sentuhan pengguna.


Baterai Poco F2 Pro

Baterai 4.700 mAh juga termasuk dalam komponen yang dilepas dalam sesi ini. Baterai ini mendukung pengisian melalui fitur fast charging 30W yang dapat mengisi ulang daya hingga 64 persen dalam 30 menit dan 100 persen dalam 63 menit. Dalam kotak pembelian smartphone juga dilengkapi dengan fast charger 33W.

Poco F2 Pro mendukung teknologi pendinginan Liquid Cooling 2.0 berupa vapor chamber yang mencakup 28 persen dari bodi ponsel.

Komponen yang berperan dalam menurunkan suhu CPU hingga 14 derajat letaknya ada di belakang layar. Solusi ini menjaga perangkat tetap dingin, terutama SoC dan permukaan ponsel, serta mempertahankan kinerja puncak, bahkan di bawah beban aktivitas yang berat.

Poco F2 Pro hadir di Indonesia dengan harga Rp 6.999.000 untuk RAM 6GB dan memori internal 128GB, melalui channel penjualan online, JD.id dan Mi.com. Sementara varian RAM 8GB dan memori internal 25GB dibanderol 7.999.000 di toko offline Authorized Mi Store, Mi Shop, dan Erafone.

Smartphone ini hadir dengan dukungan prosesor Snapdragon 865. Pilihan warnanya di pasar adalah Neon Blue, Electric Purple, Cyber Grey. Khusus untuk varian warna Electric Purple dan Cyber Grey, dilengkapi lapisan matte anti-glare.

"Poco F2 Pro didesain untuk memenuhi semua kebutuhan para tech enthusiast dan professional gamers yang mendambakan kinerja maksimal yang berkelanjutan, kemampuan pemrosesan yang sangat cepat, dan pengalaman menikmati konten dalam layar penuh yang imersif," ujar Product PR Manager Xiaomi Indonesia, Andi Renreng.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya