Ragam Komentar Warganet Usai Jokowi Umumkan Vaksin Covid-19 Gratis

Berikut ragam komentar warganet setelah Jokowi mengumumkan vaksin Covid-19 gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

oleh Iskandar diperbarui 16 Des 2020, 16:31 WIB
Diterbitkan 16 Des 2020, 16:31 WIB
Jokowi Tinjau Fasilitas Produksi Vaksin Covid-19 di Bio Farma
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020). Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti jejak Kanada, Brasil, dan Singapura, akhirnya pemerintah Indonesia juga memberikan vaksin Covid-19 gratis untuk seluruh masyarakat di Tanah Air. Kabar gembira ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi, setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Jokowi melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, (16/12/2020).

Informasi vaksin Covid-19 gratis ini pun menyedot perhatian warganet dan menuai komentar positif hingga nama Presiden Jokowi menjadi trending topic di Twitter.

Berikut beragam komentar warganet yang Tekno Liputan6.com himpun dari Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Walau Vaksin COVID-19 Gratis, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Disiplin 3M

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan secara virtual peringatan HUT ke-56 Partai Golkar menyebut, pandemi COVID-19 membuat kontraksi ekonomi di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia, Sabtu (24/10/2020). (Biro Sekretariat Presiden/Kris)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu siang, 16 Desember 2020, mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 akan tersedia secara gratis. Namun, dia kembali menegaskan bahwa masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M.

"Saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, untuk kebaikan kita semuanya," kata Jokowi.

Dalam keterangan pers video yang diunggah di saluran Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi menyatakan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Jokowi.

"Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," Jokowi menegaskan.


Instruksikan Menteri Keuangan

Reaksi Jokowi Saat Dengar Penyidik KPK Disiram Air Keras-Jakarta- Angga Yuniar-20170411
Jokowi telah menginstruksikan kepada Kapolri untuk segera mencari tahu siapa pelaku penyiraman air keras kepada penyidik KPK, Novel Baswedan, Jakarta, Selasa (11/4). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi pun menginstruksikan seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ia juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan mere-alokasi dari anggaran lain, terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis.

"Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," kata Jokowi.

(Isk/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya