Brasil Denda Apple Rp 28,7 Miliar Gara-Gara Jual iPhone 12 Tanpa Charger

Lembaga perlindungan konsumen Brasil bakal menerapkan sanksi denda sebesar Rp 28,7 miliar kepada Apple karena menjual iPhone 12 tanpa charger.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 22 Mar 2021, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2021, 09:00 WIB
iPhone 12
Para pembeli pertama iPhone 12 memamerkan perangkat yang baru dibelinya di Apple Store Orchard Road Singapura (Foto: Apple Newsroom)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga perlindungan konsumen Brasil mengenakan sanksi denda sebesar USD 2 juta (setara Rp 28,7 miliar) kepada Apple lantaran tidak menyertakan adapter/charger dalam boks penjualan iPhone 12.

Dalam laporan 9to5Mac, lembaga perlindungan konsumen Brasil Proton SP mengatakan, "Apple terlibat dalam periklanan yang meyesatkan yakni menjual perangkat tanpa charger dan penggunaan bahasa yang tidak adil."

Mengutip The Verge, Senin (22/3/2021), Apple pada Oktober 2020 mengumumkan iPhone 12 tidak akan dibekali dengan kepala charger dan earbuds di kemasan, demi upaya menjaga lingkungan.

Dengan hanya memasukkan sebuah kabel USB Type C to Lightning pada kemasan iPhone 12 dan model iPhone lainnya, Apple mengklaim hal ini memungkinkan perusahaan mengurangi bahan mentah untuk tiap iPhone yang berhasil terjual.

Sebagai bentuk penyesuaian, boks iPhone yang tanpa dilengkapi kepala charger pun memiliki ukuran lebih kecil dan tipis.

Ahli lingkungan pun mengatakan, perubahan tersebut hanya akan membawa dampak minimal pada upaya menjaga keberlanjutan lingkungan.


Apple Dikritik

iPhone 12
Harga iPhone 12 dan iPhone 12 mini. (Doc: Apple)

Sementara, kritikus menyebut upaya Apple itu sebenarnya merupakan cara Apple mengurangi biaya pengiriman, tidak benar-benar berdampak besar untuk lingkungan.

Procon menyebut, pihaknya bertanya kepada Apple apakah perusahaan akan menurunkan harga iPhone karena di dalamnya tidak terdapat charger. Pihak Apple pun tidak memberikan tanggapan kepada Proton.

Lembaga perlindungan konsumen ini juga menuding Apple gagal membantu pelanggan yang memiliki masalah dengan beberapa fungsi di iPhone, setelah adanya update.


Apple Tak Beri Tanggapan

FOTO: Apple Luncurkan iPhone 12 Berteknologi 5G
Tampilan iPhone 12 dengan teknologi 5G yang baru diluncurkan Apple, Selasa (13/10/2020. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

"Apple perlu menghormati undang-undang dan lembaga-lembaga ini," kata juru bicara Proton SP.

Bicara mengenai denda, tampaknya denda tersebut tidak akan begitu menjadi masalah bagi Apple. Pasalnya Apple memperoleh pemasukan sebesar USD 111,4 miliar pada paruh pertama 2021.

Pihak Apple pun belum memberikan komentar ketika dimintai konfirmasi.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya