Richard Branson Berhasil Mengudara ke Luar Angkasa dalam Penerbangan Virgin Galactic

Dalam siaran langsung, Richard Branson bersama para kru berhasil terbang ke luar angkasa dan kembali ke Bumi menggunakan VSS Unity dari Virgin Galactic.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 11 Jul 2021, 23:53 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2021, 23:40 WIB
Richard Branson berhasil mengudara ke antariksa
Richard Branson berhasil mengudara ke antariksa. Dok: Virgin Galactic

Liputan6.com, Jakarta - Richard Branson akhirnya resmi melakukan perjalanan luar angkasa dan mendarat kembali ke Bumi dengan aman. Ia pun disebut menjadi miliarder pertama yang pergi ke luar angkasa, menyalip Jeff Bezos yang memiliki rencana serupa.

Dalam penerbangannya, Richard menggunakan VSS Unity 22 dari Virgin Galactic. Awalnya, penerbangan ini dijadwalkan akan dilakukan pada pukul 09.00 pagi waktu Amerika Serikat, tapi mundur menjadi 10.30.

Menurut pengumuman Virgin Galactic di Twitter, penundaan itu disebut terjadi karena kondisi cuaca di sekitar wilayah peluncuran. Meski sempat tertunda, penerbangan Richard ke luar angkasa berjalan lancar.

Secara keseluruhan, durasi penerbangan dengan VSS Unity ini sekitar 90 menit, mulai dari lepas landas hingga kembali ke darat. Adapun selama di luar angkasa, pesawat hanya terbang dalam hitungan menit saja, sebelum kembali ke Bumi.

Dalam penerbangan ini, pesawat mencapai luar angkasa dengan ketinggian sekitar 80 km, tepatnya 86,1 km. Dikutip dari CNBC, Minggu (11/7/2021), saat berbicara di pesawat, Richard Branson mengatakan penerbangan luar angkasa ini merupakan pengalaman paling diinginkan sepanjang hidupnya.

Penerbangan ini dipimpin oleh pilot Dave Mackay dan Michael Masucci. Sementara duduk bersama Branson, ada pelatih astronot Virgin Galactic Beth Moses, lead operations engineer Virgin Galactic Colin Bennet, dan VP of Government Affairs Virgin Galactic Sirisha Bandla.

Keberhasilan Richard Branson bersama kru dalam penerbangan ini membuat mereka kini bisa disebut sebagai astronot. Sebab, berdasarkan regulasi Amerika Serikat seorang pilot yang terbang di atas 80 km sudah dapat disebut sebagai astronot.

Bersama penerbangan ini, musisi Khalid juga memperdengarkan untuk pertama kali single-nya yang berjudul New Normal. Jadi, para kru di pesawat akan mendengarkan lagu ini dan Khalid juga membawakannya secara langsung di darat.

Sebagai informasi, penerbangan Virgin Galactic ini dilakukan New Mexico, Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meski Disalip, Jeff Bezos Doakan Penerbangan Richard Branson ke Luar Angkasa Berhasil

Pesawat VSS Unity milik Virgin Galactic lepas landas dari area New Mexico, Amerika Serikat
Pesawat VSS Unity milik Virgin Galactic lepas landas dari area New Mexico, Amerika Serikat. Dok: Virgin Galactic

Sebelum penerbangan, Jeff Bezos juga sempat mendoakan penerbangan Richard Branson ke luar angkasa aman dan berhasil.

"@richardbranson berharap penerbangan Anda dan seluruh tim sukses dan aman. Semoga berhasil!," tulis Jeff Bezos melalui akun Instagram pribadinya, @jeffbezos.

Dalam unggahan ini Jeff Bezos bahkan memajang foto wajah Richard Branson yang tengah tersenyum lebar.


Pengalaman Penerbangan dengan VSS Unity

Sebagai informasi, penerbangan ini menggunakan VSS Unity yang merupakan pesawat kembar WhiteKnightTwo. Awalnya, pesawat akan terbang dengan kecepatan penuh menuju atmosfer.

Kemudian, roket VSS Unity akan menyala dan memberikan dorongan untuk lebih tinggi hingga mencapai ketinggian total sekitar 90 kilometer. Pada saat ini, kecepatan pesawat akan mencapai Mach 3.

Pada titik itu, seluruh kru akan mengalami keadaan tanpa bobot atau melayang. Kondisi itu akan dirasakan semua awak selama empat menit di luar angkasa.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya