Spotify Mau Pensiunkan Fitur Car View di Aplikasi

Dalam sebuah forum, Spotify juga mengonfirmasi tentang dihentikannya fitur Car View

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 30 Nov 2021, 11:00 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Spotify
Ilustrasi Spotify. Kredit: StockSnap via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Spotify kabarnya bakal menghentikan fitur Car View, atau tampilan khusus yang dapat digunakan saat pengguna sedang berkendara dengan mobil.

Spotify juga sudah mengonfirmasi dipensiunkannya Car View dalam sebuah forum daringnya pada pertengahan Oktober lalu.

"Kami mengonfirmasi akan memensiunkan fitur tampilan mobil," tulis Spotify Moderator, saat menjawab pertanyaan seorang pengguna, yang mendapati absennya fitur tersebut di pengaturan aplikasi.

Spotify tidak mengungkap secara jelas alasan dihentikannya fitur Car View. Mereka hanya mengatakan ini bukan berarti platform streaming musik itu tidak ingin meningkatkan bagaimana pengguna mendengarkan saat mengemudi.

"Sebaliknya, kami secara aktif mengeksplorasi berbagai cara baru untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan di dalam mobil terbaik," tulis Spotify, dikutip Selasa (30/11/2021). 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Pengguna Bersabar

Aplikasi Spotify
Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Komentar lanjutan dari moderator lain menyebutkan, Spotify juga menghentikan fitur tertentu seperti Now Playing View dalam mobil untuk Android, demi memberi jalan bagi fitur baru.

Spotify pun meminta agar para penggunanya untuk bersabar sesaat. Mereka mengatakan tengah bekerja untuk meningkatkan pengalaman tersebut.

Selain itu, Spotify merekomendasikan pengguna mendengarkan dengan cara alternatif secara handsfree melalui Google Assistant.

"Fitur ini juga berfungsi dengan Google Maps sehingga Anda dapat menavigasi sambil mendengarkan Spotify. Untuk melakukannya, Anda dapat menautkan akun dan mengatakan 'Hai Google, mainkan Spotify.'"


Dituding Demi Jual Perangkat

Spotify
Spotify. Sumber: Parentesis.com

Mengutip The Verge, fitur Car View diperkenalkan Spotify pada awal 2019, sebagai cara untuk membuat aplikasi tidak terlalu mengganggu dan lebih mudah dikendalikan ketika pengguna mengemudi mobil.

Saat aplikasi terhubung ke mobil melalui Bluetooth, tampilan akan berganti menjadi lebih sederhana dengan menghapus elemen seperti tombol menu dan album art.

Sebagai gantinya, aplikasi akan menampilan tombol besar untuk jeda dan memutar musik, melompat ke trek sebelum atau selanjutnya, atau menyukai lagu tertentu.

Android Police melaporkan, rencana ini tampaknya membuat banyak pengguna kecewa. Sebagian mengatakan, hilangnya fitur ini mempersulit mereka untuk bisa memakai Spotify secara aman saat mengendarai mobil.

Beberapa juga menuding Spotify menghapus Car View untuk menjual perangkat Car Thing seharga US$ 80.

Perangkat Car Thing tersebut berfungsi sebagai display dan remote control untuk layanan streaming musik itu, dan hanya tersedia untuk pelanggan Premium.

(Dio/Isk)


Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal
Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya