Cara Batasi Waktu Main Ponsel Lewat Screen Time di iPhone

Cara membatasi waktu mengakses smartphone iPhone melalui fitur Screen Time di iPhone.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 06 Feb 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2022, 19:00 WIB
Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max
IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone baik itu Android atau iPhone kini jadi bagian penting dalam kehidupan. Bagaimana tidak, benda kecil ini memungkinkan penggunanya saling terhubung dengan orang lain.

Selain itu, ponsel juga membantu pekerjaan, belajar, hingga aktivitas hiburan. Saking pentingnya, kadang pengguna tidak bisa lepas dari smartphone di sebagian besar waktunya.

Namun, sadarkah kamu, kelamaan main smartphone juga membuat hidup tak seimbang. Apakah kamu mulai merasa kebanyakan menatap layar iPhone hingga merasa lelah?

Untungnya, ada cara mudah untuk memantau dan menurunkan penggunaan ponsel. Salah satunya di iPhone, Apple merilis iOS 12 beberapa waktu lalu dengan menambahkan fitur bermanfaat bernama Screen Time.

Mengutip Digital Trends, Minggu (6/2/2022), Screen Time tersembunyi di menu Setting/ Pengaturan iPhone pengguna.

Screen Time ini melacak seberapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di depan layar iPhone mereka, terutama di aplikasi tertentu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Aktifkan Screen Time di iPhone

ScreenTime iPhone
Membatasi diri bermain smartphone dengan pengaturan di fitur ScreenTime milik iPhone (Foto: Support Apple).

Screen Time juga mencatat berapa kali pengguna mengangkat ponsel mereka tiap harinya. Bagaimana cara membatasi penggunaan iPhone lewat menu Screen Time?

1. Masuk ke Setting.

2. Scroll ke bawah dan masuk Screen Time.

3. Pilih Turn On Screen Time (Aktifkan Screen Time) diikuti dengan Continue (Lanjutkan).

4. Pengguna akan ditanya apakah mengkonfirmasi, apakah iPhone tersebut milik sendiri atau iPhone yang digunakan anak.

5. Screen Time pun aktif dan akan mulai memantau penggunaan iPhone kamu.

Jika pengguna ingin mengatur kode kunci untuk pengaturan Screen Time, pengguna bisa kembali ke Setting > Screen TIme, scroll ke bawah dan ketuk Use Screen Time Passcode.

Selanjutnya, atur empat karakter untuk kode kunci. Pengguna bisa memasukkan kode tersebut untuk mengatur waktu pembatasan yang dipilih.

Jika pengguna ingin melihat data Screen Time, buka Screen Time pada menu Setting dan ketuk See All Activity untuk membuka keseluruhan laporan status Screen Time iPhone kamu.

Fitur ini juga bisa membantu melihat keseluruhan waktu yang dihabiskan di ponsel dibandingkan rata-rata. Dengan menggulir layar ke bawah, pengguna bisa melihat berapa kali mereka mengangkat iPhone dan berapa banyak notifikasi yang diterima iPhone mereka.


Batasi Penggunaan Aplikasi Tertentu di iPhone

Membatasi penggunaan aplikasi di iPhone
Membatasi penggunaan aplikasi tertentu dengan fitur ScreenTime di iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pengguna bisa juga menggunakan Screen Time untuk membatasi penggunaan sejumlah aplikasi tertentu. Misalnya kamu merasa terlalu lama main Instagram, Facebook, atau TikTok, kamu bisa membatasi waktu memakai aplikasi-aplikasi ini lewat menu Screen Time.

Sederhananya, kamu bisa mengatur berapa lama waktu maksimal kamu berada di aplikasi-aplikasi tertentu. Bagaimana caranya?

1. Masuk ke Setting > Screen Time.

2. Ketuk App Limits dan tambahkan Add Limit (di sini kamu bisa memasukkan aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin dibatasi maksimal waktu penggunaannya).

3. Setelah mengetuk menu Add Limit, kamu akan mendapati daftar kategori yang tersedia, pilih kategori yang ingin ditetapkan batasannya.

Misalnya kamu mau memilih Instagram, kamu bisa pilih kategori Social. Lalu, setelah itu pilih Instagram dan tekan Next.

Atau kamu mau memilih semua aplikasi di kategori Social untuk dibatasi, pilih kategori tersebut lalu tekan Next.


Atur Durasi Waktu

Prosessor Bekerja Terlalu Berat
Ilustrasi Ponsel iPhone Credit: pexels.com/cottonbro

4. Atur batasan waktu yang diinginkan. Misalnya kamu hanya ingin membuka aplikasi-aplikasi di kategori Social maksimal 2 jam sehari, pilih durasi misalnya dua jam, kemudian tekan Add.

5. Nantinya semua aplikasi yang dibatasi penggunaannya oleh Screen Time akan dihitung penggunaannya oleh perangkat. Durasi layar akan mengingatkan pengguna tiap kali mereka mendekati batas pemakaian harian untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Ketika waktu penggunaan habis, Screen Time akan memberi tahu dengan notifikasi. Pengguna bisa memperpanjang waktu 15 menit atau mematuhi Screen Time tersebut.

(Tin/Ysl)


Infografis Tentang iPhone

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya