realme C55 NFC Jadi HP Android Pertama yang Punya Fitur Mini Capsule, Mirip Dynamic Island di iPhone

realme C55 NFC yang baru saja dirilis menjadi smartphone Android pertama di dunia yang memiliki fitur Mini Capsule yang inovatif dalam penyediaan informasi.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 07 Mar 2023, 18:25 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 18:25 WIB
Fitur unggulan realme C55 NFC
Public Relations Lead Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, memperkenalkan berbagai fitur unggulan realme C55 NFC, salah satunya Mini Capsule. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur paling menarik yang dibawa realme C55 NFC adalah Mini Capsule. Resmi dirilis pada Selasa (07/03/2023), ponsel ini menjadi smartphone Android pertama di dunia yang memiliki fitur inovatif dalam penyediaan informasi.

Terobosan terbaru realme ini akan beradaptasi dengan mengisi area di sekitar punch-hole kamera selfie pada bagian atas layar. Jika dilihat, Mini Capsule memang tampak mirip dengan fitur Dynamic Island yang terdapat di iPhone 14.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memperoleh berbagai informasi yang akan divisualisasikan dengan sejumlah warna berbeda pada tepinya. 

Menurut Public Relations Lead Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, fitur ini berfokus pada tiga fungsi utama, yaitu untuk mengetahui status charging melalui notifikasi, mengecek statistik atau informasi langkah pengguna setiap harinya, serta penggunaan data yang batasnya dapat dipersonalisasi.

Meskipun baru pertama kali hadir di realme C55 NFC, fitur yang dikombinasikan dengan hardware ini disambut baik oleh para pecinta Android dan diperkirakan akan turut menyambangi smartphone realme keluaran terbaru lainnya.

"Mini capsule ini sudah masuk dalam plan kami untuk smartphone lainnya, namun belum bisa kami reveal," tutur Krisva di Soehanna Hall, Jakarta.


Indonesia Jadi Negara Tujuan Pertama untuk Perilisan dan Penjualan realme C55 NFC

Realme
Peluncuran Realme C55 NFC untuk pasar Indonesia. (Liputan6.com/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Indonesia sendiri dipilih sebagai negara perdana untuk perilisan Realme C55 karena merupakan salah satu negara yang selalu menjadi prioritas Realme sehingga perusahaan ini ambisius dengan pasar lokal.

Marketing Director Realme Indonesia, Michonne Wang, menyebut Indonesia sebagai salah satu pasar terbesar bagi semua produk realme. 

“Kami percaya bahwa banyak orang akan merasa puas dengan peningkatan kamera, kemampuan fast charging, dan fitur NFC yang kami bawa,” ujarnya menjelaskan. 

Untuk pasar Indonesia sendiri, realme sudah menargetkannya untuk tersedia di sekuruh Indonesia. Strateginya adalah dengan menghadirkan pop-up store yang salah satunya akan digelar di Gandaria City pada 9-12 Maret.  

Selain itu, pembelian realme C55 NFC juga dapat dilakukan di lebih dari sepuluh channel. Antara lain Lazada, Blibli, Tokopedia, dan TikTok. Flash sale akan dibuka dari tanggal 8 hingga 10 Maret 2023 mulai pukul 12.00 WIB secara eksklusif di Shopee, Akulaku, dan situs resmi realme Indonesia.

Salah satu realme Champion Actress yang hadir pada peluncuran tersebut, Shenina Cinnamon, menyebutkan bahwa anak-anak muda Indonesia bisa terfasilitasi untuk membuat karya dengan kehadiran kamera yang jernih.


Seri C Pertama yang Bawa Fitur NFC

Perilisan realme C55 NFC di Soehanna Hall, Jakarta.
Fitur NFC akan hadir di lebih banyak smartphone realme mendatang. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Selain fitur Mini Capsule, realme C55 juga menjadi perangkat pertama dari realme lini C yang memiliki fitur NFC.

"Kami membawa fitur NFC yang hadir di kelas flagship ke seri C dengan Champion Technology NCF 360 derajat sehingga pengguna dapat lebih leluasa menggunakannya" ujar Krisva.

Salah satu pengumuman yang menggembirakan bagi penggemar realme, fitur ini akan hadir di lebih banyak smartphone realme mendatang. Tentu NFC akan memudahkan aktivitas pengguna yang sering memakai e-money, seperti untuk transportasi umum.

"Ke depannya, semua smartphone realme di atas harga Rp 2 juta akan dilengkapi NFC" ungkap Krisva. 

Dengan ukuran RAM yang besar dan spesifikasi lebih tinggi dari sebelumnya, Realme C55 diharapkan dapat mendukung aktivitas multitasking

Realme juga menyatakan akan serius dan konsisten mendukung perkembangan dunia gaming yang tidak hanya melalui smartphone kelas menengah ke atas.


Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme C55 NFC
Tampak belakang realme C55 dengan kamera 64MP. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Sebelumnya, Realme C55 diperkirakan akan bersaing di kelas harga Rp 2 jutaan dengan melihat beberapa bocoran spesifikasi yang beredar. Kini, melalui konferensi pers resminya, dapat dipastikan smartphone ini tersedia dalam dua pilihan RAM dan memori internal yang juga membedakan harganya.

Berikut informasi lengkap harga Realme C55:

  • RAM 6GB+6GB/ROM 128GB : Rp 2.499.000, dengan harga flash sale : Rp 2.399.000
  • RAM 8GB+8GB/ROM 256GB : Rp 2.999.000, dengan harga flash sale : Rp 2.899.000

Untuk spesifikasi Realme C55, ponsel ini membawa peningkatan di tiga area, yaitu kamera dengan piksel yang lebih tinggi, ruang penyimpanan yang lebih besar, dan pengisian daya yang lebih cepat, serta pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pada sektor kamera, smartphone entry-level ini menghadirkan konfigurasi kamera utama beresolusi 64MP. 

Menariknya, ponsel Realme keluaran terbaru ini menggunakan layar IPS LCD 6,7 inci FHD+ dengan refresh rate cukup tinggi, hingga 90Hz. Angka ini mengalami peningkatan sekitar 50 persen dari keluaran sebelumnya.

Smartphone yang membawa jargon "Leap to Champion" ini ditenagai chipset MediaTek Helio G88 yang akan sangat kuat dengan dukungan RAM yang besar. Perangkat ini juga telah didukung daya berkekuatan 5.000 mAh dengan pengisi daya cepat 33W.

Dengan berbagai spesifikasi di atas, Realme C55 dapat dinilai telah mengungguli para pesaingnya di kelas harga setara. 

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya