Gunung Merapi Erupsi Jadi Trending Topic Twitter, Warganet Ungkap Situasi Hujan Abu

Erupsi Gunung Merapi pada Sabtu (11/3/2023) siang menjadi trending di Twitter. Warganet ramai-ramai mengunggah situasi di sekitar mereka yang terdampak bencana seperti hujan abu

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 11 Mar 2023, 16:44 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2023, 16:44 WIB
Penampakan Asap Tebal Erupsi Gunung Merapi
Asap tebal mengepul saat erupsi Gunung Merapi terlihat dari desa Tunggularum di Sleman pada 11 Maret 2023.Selama periode itu, Gunung Merapi juga tercatat mengalami sembilan kali gempa guguran, satu kali gempa fase banyak, dan 19 kali gempa vulkanik dalam, demikian Agus Budi Santoso. (AFP/Devi Rahman)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami erupsi pada Sabtu (11/3/2023) siang.

Kejadian ini juga telah dikonfirmasi oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), yang melaporkan ada luncuran awan panas dari Gunung Merapi.

"Terjadi awan panas guguran di Merapi tanggal 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB," tulis BPPTKG dalam keterangan resminya.

BPPTKG menjelaskan arah luncuran awan panas itu ke Kali Bebeng atau Krasak. BPPTKG juga mengimbau masyarakat untuk menjauhi zona bahaya Merapi.

'Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak," demikian keterangan BPPTKG.

Pantauan Tekno Liputan6.com di media sosial Twitter, warganet beramai-ramai melaporkan kondisi terkini dari sekitar Gunung Merapi. Beberapa juga mengungkapkan adanya hujan abu di daerah mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Hingga artikel ini ditulis, kata kunci "Merapi" menempati trending topic Twitter dengan lebih dari 19,5 ribu cuitan di media sosial tersebut.

Selain itu, lebih dari tujuh ribu cuitan berisi kata kunci tentang Magelang, membuat keyword ini masuk Trending di kategori Weather. Di sini, banyak warganet yang melaporkan adanya hujan abu di sekitarnya.

Kebanyakan warganet pun mengingatkan para pengguna Twitter lain di wilayah yang terdampak dan sekitarnya untuk tetap berhati-hati dan "stay safe."


Awan Panas Gunung Merapi Berpotensi Hingga 7 Kilometer

Penampakan Asap Tebal Erupsi Gunung Merapi
Asap tebal mengepul saat erupsi Gunung Merapi terlihat dari desa Tunggularum di Sleman pada 11 Maret 2023. Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) erupsi pada Sabtu (11/3/2023). Imbasnya, meluncurkan awan panas guguran ke arah Kali Bebeng atau Kali Krasak. (AFP/Devi Rahman)

Adapun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi muntahan awan panas atau Erupsi Gunung Merapi yang meletus hari ini, 12.12 WIB bisa mencapai sejauh tujuh kilometer.

Hal tersebut disampaikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya.

Muhari mengatakan berdasarkan, rekaman visual BPPTKG Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah.

Selain itu, juga nampak guyuran lava satu kali dengan jarak luncur 1500 meter ke barat daya suara guguran 2 kali dengan intensitas sedang dari Gunung Merapi juga terpantau.

Lebih lanjut, Muhari juga menyebut guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

 


Mitigasi Saat Bencana dan Usai Letusan Gunung Berapi

Penampakan Asap Tebal Erupsi Gunung Merapi
Pengendara motor melintas saat erupsi Gunung Merapi terlihat dari desa Tunggularum di Sleman pada 11 Maret 2023. Berdasarkan pengamatan pada Sabtu (11/3/2023) mulai pukul 06.00-12.00 WIB, BPPTKG mencatat satu kali guguran lava keluar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter ke arah barat daya. (AFP/Devi Rahman)

Guna mengantisipasi potensi bahaya erupsi Gunung Merapi, maka masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Masyarakat diminta agar selalu mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Dalam menghadapi letusan gunung api atau erupsi, ada langkah-langkah mitigasi yang perlu diketahui dan dilakukan oleh masyarakat di lokasi sekitar gunung terbut.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika menghadapi gunung meletus, dikutip dari situs BPNP:

Yang Harus Dilakukan Selama Gunung Meletus

  1. Tidak berada di lokasi yang direkomendasikan untuk dikosongkan. Tidak berada di lembah atau daerah aliran sungai.
  2. Hindari tempat terbuka. Lindungi diri dari abu letusan gunung api.
  3. Jangan memakai lensa kontak.
  4. Gunakan masker atau kain basah untuk menutup mulut dan hidung.
  5. Kenakan pakaian tertutup yang melindungi tubuh seperti baju lengan panjang, celana panjang, dan topi.

Yang Harus Dilakukan Setelah Gunung Meletus

  1. Jauhi wilayah yang terkena hujan abu.
  2. Hindari mengendarai mobil di daerah yang terkena hujan abu vulkanik sebab bisa merusak mesin kendaraan, rem, perseneling hingga pengapian.
  3. Bersihkan atap dari timbunan debu vulkanik, karena beratnya bisa merobohkan dan merusak atap rumah atau bangunan.

(Dio/Isk)

 

Infografis Rentetan Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rentetan Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya