Mudik Enjoy dan Bebas Cemas, Jangan Lupa Persiapkan 4 Hal Penting Ini!

Sudah sampai mana persiapan mudik lebaran kamu tahun ini? Persiapan yang baik menjadi kunci penting untuk merasakan mudik yang bukan hanya lancar tapi juga menyenangkan.

oleh Gilar Ramdhani pada 17 Apr 2023, 09:58 WIB
Diperbarui 17 Apr 2023, 10:04 WIB
Mudik Enjoy dan Bebas Cemas, Jangan Lupa Persiapkan 4 Hal Penting Ini!
Ilustrasi melakukan perjalanan mudik. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Mudik lebaran yang aman, enjoy dan bebas cemas menjadi harapan semua orang. Sebab, tujuan mudik itu sendiri adalah berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman untuk merayakan Idulfitri, yang sering diartikan juga sebagai hari kemenangan.

Lantas, sudah sampai mana persiapan mudik lebaran kamu tahun ini? Persiapan yang baik menjadi kunci penting untuk merasakan mudik yang bukan hanya lancar tapi juga menyenangkan.

Persiapan disini segala macam aspek, dari pilihan moda transportasi, kesiapan fisik dan kendaraan, jalur mudik hingga bekal makanan dan minuman. Selain beberapa hal utama itu, masih ada persiapan lain yang juga tidak kalah penting biar mudik bisa enjoy dan bebas cemas.

1. Perlengkapan Hiburan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mudik Enjoy dan Bebas Cemas, Jangan Lupa Persiapkan 4 Hal Penting Ini!
Ilustrasi melakukan perjalanan mudik. (Shutterstock)

Berkutat dengan kemacetan adalah hal lumrah yang terjadi saat mudik lebaran. Jangan mengeluh dan khawatir, nikmati saja prosesnya. Caranya menyiasatinya, kamu bisa siapkan segala perlengkapan hiburan yang membuat kamu dan keluarga enjoy selama perjalanan. Misalnya daftar musik dan film yang ingin ditonton, headset, console game atau bahkan buku bacaan. 

2. Paket Data Internet

Saat lagi mudik lebaran, ada dua kegiatan favorit para pemudik, tidur atau internetan. Mengingat penggunaan internet akan meningkat, pastikan memilih paket data internet sesuai kebutuhan kamu. Biar aktivitas streaming lancar dan bebas 'berselancar' di media sosial, termasuk juga untuk update berita mudik dan hiburan lainnya. Kalau sudah sering pakai smartphone, jangan lupa bawa power bank.

3. Bawa Uang Receh dan Cash Secukupnya

Tujuan mudik jauh atau dekat tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit, terlebih mudik bersama keluarga. Bawa uang cash secukupnya saja, karena sekarang banyak transaksi yang bisa dilakukan lewat e-wallet atau dompet digital. Tinggal buka smartphone, pencet-pencet tombol atau scan QR, sudah beres. Meski sudah digital, tetap perlu bawa uang receh ya untuk keperluan-keperluan tidak terduga, seperti penggunaan toilet umum, parkir, dan belanja di warung.

4. Simpan Kartu Bank di Dompet Digital

Jaman sekarang sudah canggih, kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa banyak uang tunai dan kartu atm kemana-mana, bawa secukupnya saja sehingga bisa meminimalisir risiko. Agar transaksi bisa lancar dan aman, kamu bisa menyimpan beberapa kartu bank baik itu debit atau kredit di dompet digital, DANA.

DANA memiliki fitur Simpan Kartu untuk mendukung berbagai transaksi keuangan kamu lebih mudah dan praktis. Kamu bisa membayar berbagai macam tagihan, mulai dari pembayaran listrik, air, pulsa, telepon hingga internet. Jadi meskipun sedang mudik, urusan tagihan bulanan bisa dijalankan dari mana saja.

DANA juga telah bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia, sehingga kamu bisa menyimpan berbagai kartu dalam satu aplikasi. Soal keamanannya, tidak perlu khawatir. Setiap transaksi akan terlindungi dan dijamin 100% oleh DANA Protection dengan jaminan uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat transaksi. Tentunya sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku.

DANA.
Bebas Cemas dari DANA. (Foto: Istimewa)

Setiap transaksi di DANA akan #BebasCemas, pengguna akan di challenge dengan sistem keamanan seperti PIN DANA atau OTP, Face Verification. Di samping itu, DANA memiliki Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk keamanan informasi kartu bank. Sebagai penyedia dompet digital terpercaya, DANA juga memiliki sebuah pusat data yang mumpuni dalam menangani skalabilitas transaksi yang tinggi dan melakukan manajemen risiko untuk melindungi pengguna.

Dengan memiliki aplikasi DANA di smartphone, kamu juga bisa dengan mudah bagi-bagi THR dengan memanfaatkan fitur Kirim Uang. Pastikan kamu telah memiliki akun DANA Premium. Bila belum, cukup melakukan verifikasi akun yang muncul di aplikasi.

Informasi lebih lengkap seputar DANA, kunjungi website dan ikuti instagram @dana.id dan Tiktok dana.indonesia. Segera download aplikasi DANA sekarang juga untuk merasakan transaksi digital yang mudah, praktis, dan #BebasCemas.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya