Google Bakal Bawa Chatbot AI Bard ke HP Pixel, Hadir Eksklusif Jadi Widget

Mengejar ketertinggalan, Google Bard dikabarkan segera hadir eksklusif di smartphone Google Pixel sebagai widget home screen untuk memudahkan akses pengguna.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 08 Mei 2023, 17:11 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 17:00 WIB
Google Bard
Google Bard akan hadir sebagai widget homescreen di ponsel Pixel. (unsplash/Mojahid Mottakin)

Liputan6.com, Jakarta - Google Bard AI dikabarkan bakal hadir di ponsel Pixel sebagai widget home screen. Hal ini dilakukan Google untuk memudahkan akses chatbot AI tersebut di smartphone dan tablet.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari 9to5Google, Senin (8/6/2023), informasi ini diketahui dari berbagai baris kode dalam dekompilasi file yang menjadi petunjuk kemungkinan fitur barunya di masa depan. Kode ini menunjukkan Bard akan hadir di Android dalam waktu dekat.

Akan tetapi, belum diketahui apakah Bard akan diintegrasikan dengan Google Search atau hadir sebagai aplikasi mandiri. Untuk diketahui, saat ini, Bard hanya tersedia untuk web sehingga pembaruan tersebut akan mempermudah akses bagi pengguna.

Meskipun fungsi dari widget Bard ini belum jelas, ada perkiraan widget itu berisi fitur yang memungkinkan pengguna melakukan percakapan untuk membuka aplikasi tertentu. Namun, widget Bard hanya akan hadir eksklusif untuk smartphone Google Pixel, setidaknya untuk saat ini. 

Untuk diketahui, Google Bard merupakan chatbot AI yang menjadi pesaing ChatGPT, Microsoft Bing, dan lainnya. Sayangnya, Bard tidak banyak berkembang karena hanya dapat diakses melalui situs web khusus. 

Keterbatasan tersebut membuat chatbot AI ini tertinggal jika dibandingkan dengan integrasi GPT-4 ke Microsoft Edge dan Bing.

Meskipun begitu, selama beberapa bulan terakhir ini Google terus berupaya untuk membuat Bard dan teknologi bertenaga LaMDA lainnya lebih mudah diakses. Beberapa diantaranya adalah dengan opsi draf untuk Gmail, pembuatan teks di Docs, dan rencana untuk menambahkan Bard ke launcher bersama Assistant.

Sebelumnya, dilaporkan Google akan mengumumkan banyak hal terkait pengembangan AI pada konferensi I/O tahun ini. Gelaran ini sekaligus menjadi debut resmi Pixel 7a dan Pixel Tablet yang memungkinkan lebih banyak informasi mengenai Bard di perangkat tersebut akan diungkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Google Mulai Buka Akses Uji Coba Chatbot Bard

Google Bard. Dok: Google
Google Bard. Dok: Google

Di samping itu, Google telah membuka akses uji coba untuk chatbot berbasis kecerdasan buatan besutannya yakni Bard. Chatbot ini digadang-gadang akan menjadi pesaing ChatGPT yang tengah naik daun.

Mengutip informasi dari Cnet, Kamis (23/3/2023), akses uji Bard baru diberikan dalam jumlah yang terbatas untuk beberapa orang di Amerika Serikat dan Inggris Raya.

"Kami telah belajar banyak sejauh ini dengan menguji Bard, dan langkah penting berikutnya untuk meningkatkan kemampuan Bard adalah mendapatkan feedback dari lebih banyak orang," tutur VP Product Google Sissie Hsiao dan VP Researh Google Eli Collins dalam blog perusahaan.

Meski baru tersedia untuk Amerika Serikat dan Inggris Raya, Google menyatakan akan memperluas uji coba Bard ini ke lebih banyak negara dan bahasa. Namun, informasi mengenai kapan layanan ini hadir di negara lain belum diungkap.

Selain mengumumkan Bard yang disebut akan menjadi pesaing ChatGPT, Google juga memastikan teknologi AI terbaru mereka, seperti LaMDA, PaLM, Imagen, hingga MusicLM akan diintegrasikan pada Google Search.

Dengan teknologi terbaru, mesin pencari mereka bisa menyaring informasi kompleks dari berbagai perspektif, lalu dihadirkan dalam format yang lebih mudah dicerna.


Pengembangan AI Mungkin Jadi Topik Utama Google di I/O

AI generatif Google Cloud
AI generatif Google Cloud. Document/Google

Mengikuti kesuksesan ChatGPT, teknologi AI mulai merambah dan dinilai menjadi nilai jual utama pada produk milik berbagai perusahaan, tak terkecuali Google. 

Perusahaan telah memperkenalkan chatbot pencarian, Bard, bertenaga AI. Selain itu, Google juga mengumumkan fitur AI baru untuk Gmail dan Google Docs yang mampu membuat draf dan menulis ulang email.

Di samping itu, Google juga telah membahas peningkatan otomasi seperti terjemahan otomatis dan transkripsi untuk video, serta pembaruan Google Search yang membuatnya lebih baik dalam menangani pertanyaan dengan gabungan teks dan gambar.

Dengan semua perhatian yang diperoleh Microsoft Bing berkat penggabungan AI-nya, Google kemungkinan akan menjadikan AI dan Google Search sebagai inti dari presentasinya di I/O mendatang.


Bocoran Google Pixel 7a Beredar

Google Pixel 6A
Pada ajang konferensi pengembang Google I/O, Google memperkenalkan smartphone barunya, Pixel 6A sebagai ponsel midrange Google. Perangkat ini dibanderol USD 449 atau setara Rp 6,5 juta. (Foto: The Verge). 

Sebagai produk baru yang akan segera diluncurkan, bocoran mengenai Pixel 7a kembali muncul di internet. Informasi ini beredar menjelang event Google I/O yang dijadwalkan akan digelar pekan depan, sekaligus menjadi debut Pixel 7a.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (4/5/2023), bocoran kali ini berasal dari leakster kenamaan Roland Quandt. Melalui unggahan di Twitter, akun tersebut mengungkap sejumlah informasi penting dari Google Pixel 7a ini.

Salah satunya adalah Pixel 7a akan menjadi model pertama dari seri Pixel a yang memiliki resolusi kamera tinggi, dimana kamera utama smartphone ini adalah 64MP.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki refresh rate 90Hz dan mendukung pengisian daya nirkabel 18W. Keduanya juga merupakan fitur yang pertama kali hadir di model Pixel a.

Untuk dapur pacu, Pixel 7a dibekali chipset Tensor G2, meski informasi memori dan RAM-nya belum diungkap. Jika bocoran ini benar, Pixel 7a jelas mengalami peningkatan besar-besar dibandingkan pendahulunya yang rilis tahun lalu yakni Pixel 6a.

Dengan sejumlah peningkatan tersebut, harga Pixel 7a diprediksi mencapai USD 500 atau sekitar Rp 7,3 juta. Tidak hanya Pixel 7a, Google disebut juga akan memperkenalkan Pixel Fold pada event Google I/O.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya