Begini Cara Gunakan Kode QR WhatsApp untuk Bagikan Detail Kontak

Dengan kode QR, kini kamu dapat bagikan profil/detail kontakmu ke orang lain. Tanpa perlu berbagi nomor WA, kamu tinggal scan/pindai kode QR temanmu untuk memulai obrolan. Pelajari panduan lengkapnya melalui artikel ini.

oleh M. Labib Fairuz Ibad diperbarui 05 Sep 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp.  Alexander Shatov/Unsplash
Ilustrasi WhatsApp. Alexander Shatov/Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp terus menambah fitur dan kemampuan di layanannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya, jika kamu ingin membagikan detail kontak kepada seseorang untuk memulai obrolan di WhatsApp, tak perlu susah payah membagikan nomor telepon WhatsApp kamu. 

Sekarang, kamu dapat menggantikan cara kuno tersebut dengan cara yang mudah dengan membagikan kode QR WhatsApp. Cara ini dikutip dari laman Pocket Lint, Senin (4/9/2023).

Dengan memindai kode tersebut, orang lain dapat dengan cepat menambahkan detail kontak kamu ke WhatsApp, dan kamu dapat mulai mengobrol dalam waktu singkat.

Jika kamu ingin orang lain dapat dengan cepat menambahkan kamu di WhatsApp, berikut ini caranya gunakan kode QR WhatsApp untuk membagikan detail kontak kamu.

Cara menemukan dan membagikan kode QR WhatsApp

Kode QR WhatsApp kamu dibuat secara otomatis oleh aplikasi. Kamu dapat menemukannya di pengaturan WhatsApp dan membagikannya dengan cepat kepada orang lain.

Kamu hanya dapat membagikan kode QR WhatsApp kamu dari aplikasi seluler, karena kode ini tidak tersedia di WhatsApp web atau desktop.

Cara Pakai QR Code WhatsApp

  1. Buka WhatsApp
  2. Di Android, ketuk ikon Tiga Titik dan pilih Pengaturan
  3. Pada iOS, ketuk tab Pengaturan di bagian bawah layar
  4. Di samping detail profil kamu, ketuk ikon kode QR kecil
  5. Kamu akan melihat kode QR WhatsApp pribadi kamu
  6. Ketuk ikon Bagikan
  7. Bagikan kode QR kamu melalui salah satu opsi yang tersedia, seperti email, atau aplikasi perpesanan alternatif

Kode QR kamu akan dibagikan kepada penerima, dan kamu dapat memulai obrolan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menambahkan Kontak WhatsApp Menggunakan Kode QR

[Fimela] WhatsApp
Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Setelah menerima kode QR, kamu dapat memindainya di aplikasi WhatsApp, atau dengan menggunakan kemampuan pemindaian kode QR pada kamera ponsel kamu.

Dengan memindai kode QR, kamu dapat menyimpan informasi kontak orang yang memiliki kode QR tersebut. Jika mereka sudah ada di kontak kamu, memindai kode QR akan membuka obrolan WhatsApp dengan orang tersebut.

  1. Buka WhatsApp dan ketuk tab Pengaturan di iOS atau ketuk ikon Tiga Titik di Android dan pilih Pengaturan
  2. Ketuk ikon kode QR di samping detail profil kamu
  3. Pada halaman kode QR, ketuk tombol Pindai pada iOS atau tab Pindai Kode pada Android
  4. Pindai kode QR yang kamu terima
  5. Atau, kamu dapat memindai kode QR secara langsung dengan membuka kamera ponsel, mengarahkannya ke kode QR, dan mengetuk tautan yang muncul
  6. Ketuk Tambahkan ke Kontak untuk menambahkan detail kontak orang tersebut ke ponsel kamu.

Setelah kamu menyimpan detailnya ke kontak WhatsApp, kamu dapat mulai mengirim pesan.


Cara Mengatur Ulang Kode QR WhatsApp

Penggunaan Kode QR pada Pemakaman Digital di Beijing
Kode QR. (Freepik)

Setelah kamu mengirimkan kode QR, tidak ada jaminan bahwa kode tersebut tidak akan diteruskan. Siapa pun yang memiliki akses ke kode QR dapat menggunakannya untuk menyimpan detail kontak kamu.

Jika kamu telah mengirimkan kode QR dan semua orang yang ingin kamu bagikan telah menggunakannya, kamu dapat mengatur ulang kode QR kamu sehingga kode QR yang lama tidak lagi berfungsi. Caranya:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk ikon Tiga Titik dan pilih Pengaturan jika kamu menggunakan Android, atau Pengaturan jika kamu menggunakan iOS
  3. Sentuh ikon kode QR di samping foto profil kamu
  4. Di iOS, ketuk Atur Ulang Kode QR
  5. Di Android, ketuk ikon Tiga Titik dan pilih Reset QR Code
  6. Kode QR baru akan dibuat.

Siapa pun yang menggunakan kode QR lama akan menerima pesan bahwa kode tersebut sudah tidak berlaku. Dan kini saatnya kamu mencoba!


Kamu Bisa Pakai Lebih dari Dua Akun WhatsApp Berbeda di Satu Perangkat

Transfer chat WhatsApp antarperangkat dengan scan Kode QR
Transfer chat WhatsApp antarperangkat dengan scan Kode QR (Foto: WABetaInfo)

Baru saja diumumkan, sekarang pengguna WhatsApp dapat menggunakan beberapa akun di perangkat yang sama tanpa harus menggunakan cara yang rumit dan berbahaya.

Sebelumnya, pengguna harus mengkloning aplikasi WhatsApp atau menggunakan aplikasi penyimpanan paralel. Kedua cara ini berpotensi memperlambat perangkat dengan menjalankan Layanan Google Play secara paralel dan meningkatkan beban kerja CPU.

Dilansir Neowin, Minggu (3/9/2023), dengan WhatsApp Beta 2.23.18.21 dan seterusnya, pengguna di Android dapat melihat fitur baru dengan tombol "Tambah akun". Fitur ini terbatas pada penguji beta terpilih, seperti yang dilaporkan sebelumnya untuk versi 2.23.17.8.

Selain menambahkan kemampuan untuk menggunakan akun yang sama di beberapa ponsel, pengenalan fitur ini secara lebih luas akan membuat aplikasi ini menjadi lebih mirip dengan Messenger milik Meta.

Fitur lain yang akan datang adalah siapa saja yang dapat memasukkan anggota ke komunitas. Nantinya, pemilik komunitas dapat memilih antara semua orang dan hanya admin komunitas yang dapat menambahkan anggota baru.

Admin komunitas di aplikasi WhatsApp juga dapat mengedit pengumuman yang dibuat dalam obrolan. Opsi edit akan tersedia hingga 15 menit setelah pengumuman dibuat.

Dalam obrolan grup, admin dapat memilih sejauh mana anggota baru dapat melihat percakapan sebelumnya setelah bergabung. Tombol berbagi riwayat terbaru akan memungkinkan admin untuk mengizinkan pengguna baru melihat riwayat obrolan hingga 24 jam sebelum bergabung.

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya