Review OPPO A38, HP Rp 2 Jutaan Berdesain Stylish dengan Segudang Fitur Spesial

OPPO A38, HP Rp 2 jutaan dengan fitur-fitur unik, baterai yang awet, kamera oke, hingga penyimpanan yang cukup besar, hadir dengan tampilan desain stylish.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 01 Nov 2023, 14:01 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2023, 07:30 WIB
OPPO A38
OPPO A38. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Liputan6.com, Jakarta - Pada September 2023, Oppo meluncurkan smartphone harga Rp 2 jutaan terbarunya, Oppo A38. HP Android dari Oppo ini dihadirkan dalam dua desain stylish, yaitu Glowing Gold dan Glowing Black.

Dengan desain Oppo Glow, membuat bodi HP tampak berkilau, tidak licin saat dipegang, dan tak meninggalkan bekas sidik jari.

Tidak hanya dari tampilan bodi perangkat yang menarik, Oppo A38 juga membawa kemampuan, fitur-fitur, dan dukungan yang bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih smartphone ini.

Oppo A38 sudah didukung fast charging 33 Watt, memiliki baterai berkapasitas 5000mAh, dan ditenagai chipset MediaTek Helio G85.

Dengan begitu, smartphone ini diklaim cukup mumpuni untuk penggunaan dalam waktu cukup lama. Pengisian daya juga hanya memerlukan waktu kurang-lebih 75 menit sampai baterai full.

Bagian bawah Oppo A38 terdapat speaker, port USB-C, mikrofon, dan jack audio. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Beralih ke layar, Oppo A38 memiliki layar dengan bentang 6,56 inci, resolusi HD+ (1.612 X 720 piksel), refresh rate 90Hz, gamut warna 100 persen DCI-p3, dan 100 persen sRGB.

Oppo A38 tampak bodi samping dan belakang. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Layarnya sangat nyaman digunakan untuk streaming video YouTube atau Netflix, karena warna konten yang ditampilkan tampak cerah dan jelas.

Slot sim card dan memori eksternal di bagian samping. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Lebih menarik lagi, HP Oppo ini memiliki tingkat kecerahan hingga 720 nits. Dengan begitu, meski sedang menggunakannya di luar ruangan bahkan di bawah sinar matahari sekali pun, kami tetap bisa melihat konten di layar. Jadi, tidak perlu repot untuk mengatur kecerahan layar.

Kamera utama Oppo A38 dengan teknologi AI 50 MP dan kamera 2 MP hasilkan foto yang cerah dan jernih. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Di samping itu, Oppo A38 juga disertai fitur All-Day AI Eye Comfort untuk memberikan perlindungan mata. Dengan begitu, mata akan tetap terasa nyaman dan tidak cepat lelah meski menggunakan perangkat dalam waktu lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Performa OPPO A38 Untuk Penggunaan Sehari-hari

Ultra Volume
OPPO A38 memiliki fitur Ultra Volume, hasilkan suara hingga 300 persen. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Untuk penggunaan sehari-hari, Oppo A38 bisa dibilang mumpuni. Mulai dari kelancaran mengakses internet, memutar video YouTube, berselancar di media sosial, mendengarkan musik, dan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Tidak hanya itu, kualitas suara yang dihasilkan dari speaker pada perangkat ini juga terbilang jernih, sehingga apabila ada notifikasi pesan atau telepon masuk, bisa langsung terdengar.

Ini karena Oppo A38 memiliki fitur Ultra Volume. Dengan fitur ini, volume yang dihasilkan bisa mencapai 300 persen. Fitur ini bisa jadi tidak disadari keberadaannya oleh pengguna.

Tipsnya, pengguna hanya perlu terus menekan tombol volume saat sudah mencapai tingkat 100 persen. Dengan begitu, nantinya akan muncul tulisan “Ultra volume mode on” pada bagian bawah layar.

Perlu diketahui, fitur ini bisa diaktifkan untuk volume media, dering, notifikasi, dan alarm.

Oppo A38 hadir dengan bingkai tipis, membuat pengguna nyaman saat menonton video, membaca, atau main game. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Beralih ke penyimpanan, Oppo A38 dibekali RAM 4GB dan memori internal 128GB, serta tambahan RAM hingga 4GB. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir jika ingin men-download aplikasi atau menyimpan banyak video dan foto aktivitas seru mereka.

Bahkan, jika memang diperlukan, pengguna dapat memasang kartu memori eksternal pada slot yang telah disediakan oleh Oppo.

Adapun ketahanan daya baterai, untuk penggunaan ringan bisa bertahan hingga seharian penuh, atau bahkan lebih. Sedangkan untuk penggunaan berat, seperti berselancar di media sosial, streaming video, dan video conference, dalam waktu 6 jam menghabiskan daya hingga 60 persen.


Fitur Spesial OPPO A38, Gesture and Motion Hingga Flexible Windows

Fast Charging
OPPO A38 didukung fast charging SUPERVOOC 33 Watt. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Gesture and Motion adalah fitur unik yang terdapat pada OPPO A38 yang dapat ditemukan pada menu Pengaturan. Fitur ini rupanya berfungsi untuk menjalankan perintah pada perangkat hanya dengan melakukan gerakan tertentu. 

Pada bagian Gesture, Tekno Liputan6.com telah menjajal menghidupkan perangkat hanya dengan mengetuk dua kali pada layar, membuka aplikasi kamera dengan menggambar huruf “O” pada layar, menyalakan senter dengan menggambar huruf “V” pada layar.

Kemudian, pada bagian Motion, kami menemukan beberapa kemudahan yang ditawarkan pada HP Oppo A38 ini, di antaranya:

  • Mengangkat perangkat untuk menyalakan layar,
  • Mengarahkan perangkat ke telinga untuk menjawab panggilan telepon,
  • Membalikkan perangkat untuk menolak panggilan telepon.

Tidak hanya itu, Oppo A38 juga menghadirkan fitur Flexible windows, yang mempermudah dan mempercepat pengguna saat menjalankan sebuah aplikasi atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Sama halnya dengan fitur Gesture and Motion, fitur ini dapat ditemukan pada menu Pengaturan.


Kamera Oke Untuk Berfoto Hingga Video Conference

Kamera OPPO A38
Kamera Oppo A38 dengan dukungan teknologi AI 50 MP dan fitur Portrait Retouching untuk percantik portrait. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, OPPO A38 memiliki kamera utama berteknologi AI 50 MP dan kamera bokeh 2 MP. Dukungan pixel binning yang menggabungkan empat piksel besar untuk menghasilkan lebih banyak detail, bahkan dalam cahaya rendah sekali pun.

Kedua kamera pada perangkat ini juga dilengkapi algoritma portrait canggih hasil pengembangan Oppo, sehingga dapat menghasilkan titik cahaya bokeh. Kelengkapan ini akan membuat kesan pada latar belakang dan memberikan highlight subjek pada Mode Potret.

Untuk kamera depan 5MP disertai dengan fitur Portrait Retouching yang bisa mempercantik portrait, baik dari kamera depan maupun belakang.

Kami telah menjajal kamera OPPO A38 dan mendapat hasil yang bagus. Untuk memotret di bawah pencahayaan yang rendah juga bisa dibilang cukup, meskipun foto yang dihasilkan tidak sedetail saat memotret dengan pencahayaan yang bagus.

Adapun untuk kamera selfie juga menghasilkan foto yang cukup memuaskan. Bahkan, untuk melakukan video conference, video yang terlihat sangat jernih dengan kamera depan OPPO A38 ini.

Demikian ulasan mengenai OPPO A38 yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin memiliki smartphone stylish dengan kemampuan canggih dan kamera mumpuni.

Dengan dibanderol seharga Rp 2 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan OPPO A38 ini. Meskipun begitu, kemampuan dan fitur-fitur bawaannya tidak perlu diragukan lagi.

Kamera 50 MP, fast charging, dan refresh rate 90Hz menjadi nilai plus pada HP Android ini. Nah, berikut ini hasil foto-fotonya. 

Kamera Bokeh OPPO A38
Foto kucing diambil dengan kamera bokeh OPPO A38. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)
Kamera 50 MP OPPO A38
Foto bunga diambil dengan kamera 50 MP OPPO A38. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)
Night Mode Kamera OPPO A38
Foto jalanan Pancoran diambil dengan kamera mode malam OPPO A38. (Liputan6.com/Mustika Rani Hendriyanti)

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI
Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya