WhatsApp Uji Coba Fitur Transkipsi Pesan Suara di Android

Setelah lebih dulu hadir untuk pengguna iOS, WhatsApp dilaporkan mulai menguji coba fitur transkripsi pesan suara untuk pengguna Android.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 13 Jul 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2024, 08:00 WIB
Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp di ponsel Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp diketahui tengah bersiap menghadirkan fitur baru untuk para penggunanya di Android. Informasi ini diketahui dari WhatsApp versi beta 2.24.15.5.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (13/7/2024), fitur yang dimaksud adalah kemampuan transkipsi pesan suara menjadi pesan teks secara otomatis. Sebelumnya, pengguna WhatsApp di iOS lebih dulu mencicipi fitur ini sejak Mei 2024.

Dengan fitur ini, pesan suara yang diterima pengguna bisa langsung diubah menjadi teks. Untuk sekarang, fitur ini memang baru mendukung beberapa bahasa, seperti Inggris, Spanyol, Portugis (Brasil), Rusia, dan Hindi.

Namun ke depannya, perusahaan berencana untuk menambahkan lebih banyak bahasa. Meski memudahkan pengguna, ada syarat yang perlu dipenuhi pengguna untuk bisa memakai fitur transkripsi pesan suara ni.

Disebutkan, pengguna perlu lebih dulu mengunduh data tambahan di aplikasi WhatsApp mereka. Hal ini dilakukan agar proses transkripsi pesan suara dilakukan langsung di perangkat pengguna, tanpa melibatkan server eksternal.

Uji coba fitur ini jelas menjadi langkah perusahaan meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan pengguna. Sebab, pengguna diberikan opsi ketika ingin mengetahui isi pesan suara WhatsApp yang dikirimkan pengguna lain.

Pengguna tak perlu lagi repot-repot memutar pesan suara, tapi cukup untuk membaca transkripsinya. Fitur ini juga berguna bagi pengguna aplikasi WhatsApp yang beradar di lingkungan ramai atau memiliki gangguan pendengaran.

Sebelumnya, WhatsApp juga mengumumkan kehadiran fitur baru untuk para penggunanya. Fitur ini dihadirkan untuk membantu pengguna tetap aman ketika berkirim pesan grup.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (10/7/2024), jika pengguna ditambahkan ke oleh orang tidak dikenal, pengguna akan bisa melihat konteks yang memberikan lebih banyak informasi soal grup tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


WhatsApp Tambah Fitur Keamanan Baru untuk Grup, Pengguna Kini Bisa Cek Lebih Dulu

WhatsApp
WhatsApp umumkan pengguna kini bisa mengetahui informasi tentang grup chat sebelum memutuskan bergabung di dalamnya. (Dok: WhatsApp)

Beberapa informasi yang ditampilkan adalah siapa yang menambahkan pengguna ke grup tersebut, kapan grup itu dibuat, termasuk siap yang membuatnya. Dengan informasi itu, pengguna dapat memutuskan untuk tetap tinggal atau keluar dari grup.

"Ini akan sangat membantu, terutama jika Anda baru saja bertemu seseorang atau sekelompok orang, dan belum menyimpan nomor kontaknya di ponsel Anda," tulis WhatsApp dalam pernyataanya.

Melalui update ini, pengguna bisa memastikan apakah grup tersebut dikenal atau ingin berpartisipasi di dalamnya.

Update ini pun disebut memberikan lapisan keamanan dan tambahan keamanan bagi pengguna WhatsApp, sekaligus memperkuat fitur yang sudah ada.

 


Hadir untuk Semua Pengguan WhatsApp

WhatsApp
Bergabung dengan panggilan video grup di WhatsApp kini kian mudah. (Foto: Ist.)

Fitur ini sudah mulai diluncurkan ke pengguna, dan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur ini memberikan pengalaman yang sama ketika melakukan percakapan 1:1 ketika dikirim pesan seseorang tidak dikenal.

Perlu diketahui, aplikasi WhatsApp telah mengumumkan serangkaian pembaruan signifikan untuk fitur panggilan.

Disebutkan, pembaruan ini hadir untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman berkomunikasi pengguna di seluruh platform.

Menurut WhatsApp, sejak mereka memperkenalkan fitur Panggilan di 2015, pihaknya terus menyempurnakan fitur tersebut dengan pengenalan panggilan grup, panggilan video, dan dukungan multiplatform.


WhatsApp Update Fitur Panggilan di Aplikasi: Kini Bisa Berbagi Layar dengan Suara

WhatsApp
Aplikasi WhatsApp mengumumkan sejumlah pembaruan untuk fitur panggilan di aplikasinya. (Dok: WhatsApp)

"Hari ini, kami memiliki beberapa pembaruan yang akan membuat panggilan di seluruh perangkat Anda menjadi lebih baik dan mulus, yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (14/6/2024).

Sebagai salah satu pembaruan unggulan yang dihadirkan aplikasi WhatsApp kali ini adalah pengguna bisa berbagi layar dengan audio. Jadi, fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menonton video bersama secara real-time.

Selain itu, WhatsApp juga meningkatkan kapasitas peserta dalam panggilan video, hingga 32 orang. Peningkatan ini memungkinkan melakukan panggilan video dengan lebih banyak teman, keluarga, atau rekan kerja.

Untuk mempermudah pengguna mengikuti percakapan, aplikasi chatting milik Meta ini juga memperkenalkan fitur Sorotan Pembicara.

Fitur ini akan secara otomatis menyorot dan menampilkan pembicara aktif di layar, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengenali siapa yang sedang berbicara.

WhatsApp juga terus meningkatkan kualitas audio dan video untuk panggilan lebih jernih. Lewat penggunaan MLow codec, panggilan di aplikasi chatting kini bisa lebih diandalkan.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya