Buat Konten Reels Kekinian Pakai Flex Auto Zoom hingga Auto Framing di Samsung Galaxy Z Flip6

Salah satu fitur yang hanya ada di Samsung Galaxy Z Flip6, Flex Auto Zoom kini memudahkan pengguna membuat konten untuk Instagram Reels dan TikTok pada mode Flex Window. Yuk simak caranya di sini.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 23 Jul 2024, 12:26 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 20:07 WIB
Fitur Auto Zoom di Samsung Galaxy Z Flip6
Mencoba fitur Auto Zoom di Samsung Galaxy Z Flip6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip 6 kini dibekali berbagai peningkatan. Selain dari segi desain yang membuat HP layar lipat ini lebih nyaman digenggam sekaligus makin kuat, kamera Galaxy Z Flip6 juga memiliki lensa utama 50MP dan lensa wide-angle 12MP. 

Tidak cukup dari segi hardware dan peningkatan resolusi kamera, Samsung juga membekali Galaxy Z Flip6 dengan fitur kecerdasan buatan Galaxy AI. Ini membuat pengguna makin bisa berkreasi dengan berbagai fitur di dalamnya. 

Bagi kamu yang senang mengekspresikan diri di media sosial, paduan hardware dan fitur AI di Galaxy Z Flip6 bisa menghasilkan konten terbaik untuk diunggah ke Instagram Reels atau TikTok.

Ramuan ini dapat menghasilkan konten Reels atau TikTok yang jernih, baik itu foto maupun video. Salah satunya adalah berkat fitur Flex Auto Zoom, sebuah fitur baru yang hanya ada di Galaxy Z Flip6. 

Fitur Flex Zoom memadukan teknologi kamera Galaxy Z Flip6 dengan form factor layar lipat Galaxy Z Flip6 yang kokoh dan fleksibel. 

Jadi, pengguna bisa mendudukkan smartphone tersebut dan menyesuaikan dengan angle yang diinginkan ketika mengambil foto atau video. Mode Flex Cam ini bisa dinikmati dengan mudah, baik itu menjadi bentuk 90 derajat, 45 derajat, atau seberapa pun kamu suka. 

Dengan cara membuka lipatan smartphone dan mengakses menu kamera lewat dua klik tombol power, kamu bisa langsung merasakan fitur Auto Zoom atau juga disebut Flex Zoom. 

Berkat keunggulan form factor Samsung Galaxy Z Flip6 pula, kamu juga bisa mengambil gambar handsfree atau tak perlu harus memencet tombol shutter.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Gunakan Fitur Auto Zoom di Samsung Galaxy Flip6

Galaxy Z Flip 6
Galaxy Z Flip 6 didukung sejumlah fitur AI yang mempermudah kehidupan. Salah satu fitur unik yang ada di smartphone ini adalah Kamera Autozoom. Jadi, ketika pengguna sedang berfoto dengan mode Flex Cam, mereka bisa mengatur kamera untuk menjalankan autozoom, ketika wajah terlalu dekat dan atau background tak terlalu terlihat, Galaxy Z Flip 6 akan mendeteksi dan mengatur zoom secara auto (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Cara Pakai Fitur Auto Zoom di Galaxy Z Flip6:

  1. Buka Galaxy Z Flip6, lalu masuk ke menu kamera. 
  2. Pada menu kamera, kamu bisa pilih logo kotak yang merupakan mode Flex Window, untuk memperlihatkan tampilan atau preview kamera utama di layar depan. 
  3. Tutup smartphone
  4. Tekan tombol Power sebanyak dua kali hingga kamera utama terbuka. Nantinya, Auto Zoom akan langsung aktif secara otomatis yang diperlihatkan dengan logo kuning di layar Flex Windows. 
  5. Kamu tinggal menyesuaikan Flex Cam sesuai dengan angle yang diinginkan. 
  6. Bergayalah dan gunakan pengaturan ambil foto melalui telapak tangan atau palm agar tak perlu repot menekan layar saat ingin memotret. 
  7. Flex Auto Zoom sendiri memudahkan pengguna mengatur zoom saat membuat konten, jadi kamu tak perlu mengatur zoom secara manual. Pasalnya, AI di Samsung Galaxy Z Flip6 akan memilihkan angle terbaik. 

Sekadar informasi, fitur Auto Zoom saat ini hanya bisa diaplikasikan dalam mode foto atau selfie. 

 

 


Auto Framing untuk Perekaman Video Konten Reels 

Mengaktifkan perekaman Auto Framing di Samsung Galaxy Z Flip6
Mengaktifkan perekaman Auto Framing di Samsung Galaxy Z Flip6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sementara, kalau kamu mau membuat konten video untuk Reels atau TikTok, kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Framing. Berikut caranya:

  1. Buka Galaxy Z Flip6 dan masuk ke menu kamera. Pilih opsi perekaman video. 
  2. Kamu cukup menekan ikon putih yang ada di layar bagian bawah yang posisinya sejajar dengan angka 0,6 dan 1x. Jika kamu sudah menekan menu Auto Framing ini, secara otomatis ikon akan berubah menjadi warna kuning. 
  3. Agar bisa dilihat dari layar Flex Windows, kamu hanya perlu menekan logo kotak yang merupakan mode Flex Window, untuk memperlihatkan tampilan atau preview kamera utama di layar depan. 
  4. Selanjutnya, kamu sudah bisa merekam video selfie untuk membuat konten Reels atau TikTok dengan mudah. 
  5. Dengan menerapkan fitur Auto Framing ini, ketika kamu sedang menjauh dari kamera, kamera akan melacak posisi wajah (facial tracking) dan menyesuaikannya agar tetap terlihat di kamera. Artinya, penggunaan fitur ini memungkinkan kamera melacak best shot dengan komposisi objek utama dan background, lalu melakukan zoom secara otomatis ke objek yang diinginkan agar proporsional. 

 


Manfaat Fitur Flex Zoom dan Auto Framing Saat Buat Konten Reels

Pevita Pearce bersama Galaxy Z Flip6
Pevita Pearce bersama Galaxy Z Flip6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Bagi kamu yang suka membuat konten Reels atau TikTok dengan subjek diri sendiri, fitur Auto Zoom maupun Auto Framing bakal sangat bermanfaat. 

Pasalnya, dengan dukungan Galaxy AI, kamera Galaxy Z Flip6 bisa menyesuaikan secara otomatis angle-angle terbaik dengan komposisi objek dan background yang pas. 

Kalau posisi pose kamu kurang pas, bukan kamu yang perlu mengubah pose tetapi kamera yang akan menyesuaikannya untuk kamu. 

Begitu juga dengan fitur Auto Framing, buat kamu yang suka membuat konten Reels atau Instagram Story ketika sedang solo traveling, kamu tak akan kehilangan momen atau hilang dari kamera ketika ingin membuat video di objek wisata terkenal. 

Kamu yang suka membuat konten outfit of the day alias OOTD juga tak perlu bantuan orang lain untuk menjepret kamera ketika sedang berpose memamerkan outfit terbaikmu. 

Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu takkan kalah dari Pevita Pearce yang juga sangat menyukai fitur Auto Zoom dan Auto Framing. 

Ingin membuat konten dengan dukungan fitur Auto Zoom dan Auto Framing, kamu bisa melakukannya di Galaxy Z Flip6 yang kini masih dalam masa preorder hingga 30 Juli nanti. 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya