Xiaomi Siap Gulirkan HyperOS 1.5 untuk Pengguna Global, Cek Informasinya

Xiaomi dilaporkan telah bersiap untuk meluncurkan HyperOS 1.5 untuk pengguna global, dengan Xiaomi 14 Ultra akan menjadi yang pertama.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 23 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 16:00 WIB
Xiaomi luncurkan OS baru mereka HyperOS, sebagai pengganti MIUI (Xiaomi)
Xiaomi luncurkan OS baru mereka HyperOS, sebagai pengganti MIUI (Xiaomi)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dilaporkan tengah bersiap untuk menggulirkan update HyperOS 1.5 untuk pengguna global. Xiaomi 14 Ultra disebut akan menjadi perangkat pertama yang akan mendapatkan update ini.

Mengutip informasi dari Gizchina, Selasa (23/7/2024), pengguna Xiaomi 14 Ultra di Eropa dan India disebut akan menjadi yang pertama mencicipi update HyperOS 1.5 ini.

Xiaomi sendiri diketahui menyediakan dua cara bagi pengguna yang ingin melakukan update ke HyperOS terbaru itu. Cara termudah, pengguna tinggal mengakses menu Settings dan memilih Update Software.

Sementara ada pula cara instalasi manual. Jadi, pengguna HP Xiaomi harus mengunduh dulu file update, lalu memasangkannya secara manual.

Disebutkan, HyperOS 1.5 akan membawa sejumlah perubahan dan peningkatan, salah satunya soal keamanan. HyperOS 1.5 menyertakan patch keamanan Juni 2024.

Selain itu, Xiaomi juga memperbaiki bug pada beberapa toggle di Control Center. Jadi, fungsinya kini lebih responsif dan nyaman digunakan.

Dari sisi tampilan, update ini juga membawa sejumlah pembaruan, termasuk ikon notifikasi yang diperbaiki hingga tampilan ikon 5G di bilah status kini menyesuaikan berdasarkan perubahan ukuran font atau font pihak ketiga.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga melakukan optimalisasi pada kemampuan lock screen. Lewat update ini, perusahaan meminimalisir kesalahan sentuh pada saat layar terkunci.

UJntuk diketahui, pada gelaran Mobile World Congress 2024 (MWC 2024) yang turut dihadiri Tekno Liputan6.com baru-baru ini, Xiaomi menggembar-gemborkan sistem operasi terbarunya yang bernama HyperOS.

Lantas, apa itu HyperOS, sistem operasi yang berjalan di HP Xiaomi 14 hingga mobil listrik Xiaomi SU7?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu HyperOS? Sistem Operasi yang Berjalan di Xiaomi 14 hingga Mobil Listrik SU7

CEO Xiaomi Lei Jun pamerkan logo baru HyperOS (X @leijun)
CEO Xiaomi Lei Jun pamerkan logo baru HyperOS (X @leijun)

Saat gelaran ‘Xiaomi Lens to Legend’ yang berlokasi di Placa de Willy Brandt, Barcelona, Spanyol pada Minggu (25/2/2024) waktu setempat, Partner & President Xiaomi Corporation, William Lu, menyebut HyperOS mengintegerasikan semua ekosistem yang berpusat pada manusia.

"Kami dengan bangga memperkenalkan HyperOS secara global. HyperOS mengintegerasikan semua ekosistem yang berpusat pada manusia. Ini lebih dari sistem operasi karena mengkoneksikan manusia, mobil, dan rumah (Human x Car x Home)," kata William saat tampil di atas. 

Sementara Director of Communications Xiaomi International, Daniel Desjarlais, menjelaskan HyperOS bisa mengoptimalkan performa masing-masing perangkat, koneksi lintas perangkat yang lebih efisien, dan neural network untuk menyediakan layanan proaktif.

"Xiaomi HyperOS bahkan sanggup memprioritaskan keamanan di seluruh perangkat dan sistem, serta mengadopsi ekosistem terbuka," Daniel menambahkan.

“Inovasi kami dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna. ‘Human x Car x Home’ mencerminkan komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman terhubung yang komprehensif dan lebih baik,” sambungnya.

Dengan mengintegrasikan manusia, mobil, dan rumah, Daniel menekankan, Xiaomi ingin menciptakan interkonektivitas end-to-end dari apa yang sudah tersedia saat ini.


Perbedaan HyperOS dengan MIUI

Partner & President Xiaomi Corporation, William Lu, menyebut HyperOS
Partner & President Xiaomi Corporation, William Lu, mempresentasikan HyperOS dalam gelaran ‘Xiaomi Lens to Legend’ yang berlokasi di Placa de Willy Brandt, Barcelona, Spanyol pada Minggu (25/2/2024) waktu setempat. Liputan6.com/Iskandar

HyperOS berbeda secara signifikan dari MIUI karena dibangun di atas AOSP (Android Open Source Project) dan sistem Vela milik Xiaomi. Sementara MIUI bergantung pada Android milik Google.

Perubahan ini memungkinkan HyperOS berjalan secara efisien pada perangkat dengan ukuran RAM yang bervariasi dan memberi Xiaomi lebih banyak fleksibilitas dalam memilih fitur, terbebas dari kendala layanan Google.

HyperOS berbasis Android 14 menawarkan peningkatan kinerja, waktu booting lebih cepat, dan pengoperasian latar belakang dengan lancar.

HyperOS juga kompatibel dengan berbagai perangkat ekosistem Xiaomi, seperti smartphone, smartwatch, smart TV hingga mobil listrik.

Meski masih mempertahankan desain yang mirip dengan MIUI, tetapi HyperOS menawarkan antarmuka yang lebih smooth dan clean.

Faktor itu sangat menonjol karena memiliki lebih sedikit aplikasi pra-instal dan lebih sedikit bloatware, sehingga menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih efisien.  


Daftar HP Xiaomi yang Bakal Dapat Update Android 15, Punya Kamu Kebagian?

Xiaomi 14
Xiaomi 14 versi Indonesia. Liputan6.com/Iskandar

Deretan perangkat yang terkonfirmasi hadirkan update Android 15:

Melalui laman dukungannya, Xiaomi mengonfirmasi ada 22 perangkat yang akan mendapatkan Android 15. Perangkat yang terima update Android 15 meliputi perangkat yang dirilis 2021, 2022, dan 2023, termasuk di antaranya Xiaomi 14 dan 14 Ultra. 

HP Xiaomi yang dapat update Android 15:

  • Xiaomi 14 Ultra
  • Xiaomi 14 
  • Xiaomi 13 Pro
  • Xiaomi 13
  • Xiaomi 13 Lite
  • Xiaomi 13T Pro
  • Xiaomi 13T
  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12 
  • Xiaomi 12T Pro
  • Xiaomi 12T
  • Xiaomi Pad 6
  • Redmi Note 13
  • Redmi Note 13 5G
  • Redmi Note 13 Pro
  • Redmi Note 13 Pro+ 5G
  • Redmi 13C
  • Redmi Note 12
  • Redmi 12 5G
  • Redmi 12
  • Poco M6 Pro 5G

 

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya