Apple akan Rilis iPhone Lipat pada Awal 2026, Siap Perang Lawan Samsung?

Apple disebut telah menghubungi pemasok di Asia untuk membuat komponen iPhone lipat.

oleh Iskandar diperbarui 24 Jul 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 10:30 WIB
iPhone
Tampilan iPhone layar lipat yang dikembangkan secara mandiri oleh tim Tech Aesthetics. (Dok: YouTube)

Liputan6.com, Jakarta - Apple kemungkinan akan merilis iPhone lipat pada awal tahun 2026, di mana langkah ini bisa dibilang meniru langkah serupa yang dilakukan Samsung.

Raksasa teknologi Korea Selatan itu memulai debut HP layar lipat pada tahun 2019 untuk menarik pelanggan baru dengan penyegaran desain yang besar.

Dilaporkan The Information, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (24/7/2024), iPhone lipat telah mengalami kemajuan dari tahap pembuatan ide--menurut dua orang sumber yang mengetahui informasi tersebut.

Apple dirumorkan telah menghubungi pemasok di Asia untuk membuat komponen iPhone lipat, di mana perangkat itu dilabeli dengan nama kode V68.

HP layar lipat yang didukung dengan fitur kecerdasan buatan (AI), diperkirakan akan memicu Apple untuk lebih agresif lagi dalam membuat terobosan baru, di mana perusahaan terus menghadapi persaingan ketat dari Honor dan Huawei di pasar Tiongkok dan Samsung secara global.

Samsung meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya pada awal Juli 2024, yaitu Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6, dengan bobot lebih ringan dan ramping serta diperkaya fitur AI baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tren HP Layar Lipat

Pevita Pearce bersama Galaxy Z Flip6
Pevita Pearce bersama Galaxy Z Flip6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Pasar HP layar lipat secara global tumbuh 49% pada kuartal pertama 2024 dibanding tahun sebelumnya.

Menurut laporan Counterpoint Research, hal tersebut merupakan kenaikan tertinggi dalam enam kuartal, yang mana Huawei sempat mengambil posisi teratas untuk pertama kalinya, mengalahkan Samsung.

Apple juga berencana untuk menghadirkan peningkatan pada kamera setidaknya pada satu model iPhone, yang memungkinkan pengguna mengontrol aperture dengan sistem mekanis.

Laporan dari The Information juga menyebutkan bahwa tidak ada jaminan Apple akan merilis iPhone lipat dalam waktu dekat. Apple sendiri juga belum memberikan keterangan resmi.


Apple Bakal Gandeng Samsung untuk Produksi iPhone Layar Lipat

Logo Apple
Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Sebelumnya, Apple kemungkinan telah menandatangani kerja sama dengan Samsung untuk pengerjaan perangkat layar lipat mereka.

Alasan dibalik kerja sama tersebut karena Samsung adalah produsen ponsel layar lipat terbesar di dunia. Tak hanya merancang foldable phone seperti Galaxy Z Flip dan Z Fold, Samsung juga memproduksi layar lipatnya sendiri.

Layar OLED produksi Samsung dinilai memiliki kualitas terpercaya, dengan warna cemerlang dan tingkat kecerahan yang prima.

Tak hanya itu, dikutip dari Android Headlines, Senin (13/4/2024), Samsung Display adalah satu-satunya perusahaan yang dinilai Apple dapat membantu memenuhi tingginya permintaan pembuatan layar lipat dalam jumlah besar.

Hal tersebut menjadi alasan Apple mau bekerja sama dengan Samsung dalam pembuatan perangkat layar lipat mereka.

Kendati demikian, masih belum diketahui perangkat layar lipat yang akan dikembangkan oleh Apple, beberapa rumor menyebutkan kalau Apple akan mengerjakan iPhone layar lipat atau iPad dengan layar lipat.

Apple bisa dibilang kalah saing dengan perusahaan teknologi lain dalam penerapan perangkat layar lipat. Menurut laporan dari Android Headlines, Apple ingin membuat perangkat foldable sesempurna mungkin.

Bisa diyakini, jika Apple akan membuat perangkat foldable, perangkat tersebut akan memiliki kualitas yang sama dengan perangkat Apple lainnya.


Apple Kebut Pengembangan Perangkat Foldable

Sambut WWDC 2015, Apple Sibuk Berbenah
Para pekerja tengah memasang logo Apple di Moscone West pada 3 Juni (Foto: Mashable)

Sementara itu, Apple dikabarkan akan meningkatkan pengembangan layar lipat mereka. Informasi ini diketahui dari laporan investor terbaru.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Selasa (7/5/2024), analis Haitong International Securities, Jeff Pu menyebut kalau Apple memiliki rencana untuk memulai produksi massal perangkat lipat berukuran 20,3 inci pada akhir 2025.

Jika analisis ini benar, Apple kemungkinan besar telah mempercepat pengembangan perangkat layar lipat besutannya. Laporan tersebut juga menyebut hal ini dilakukan karena perusahaan melihat visibilitas yang lebih besar dalam hal rantai pasokan.

Alasannya, berdasarkan prediksi Ming-Chi Kuo sebelumnya, Apple sendiri sedang mengembangkan MacBook layar lipat berukuran 20,3 inci yang ditargetkan rilis pada 2027. Hal senada juga sempat diungkapkan oleh Ross Young.

Namun dengan analisis terbaru Jeff ini, ada kemungkinan rencana tersebut ternyata lebih cepat dari perkiraan.

Menurut Jeff, perangkat layar lipat Apple ini akan menjadi lini produk terbaru perusahaan. Perangkat itu akan menargetkan pasar ultra high-end.

Kabarnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu sedang menjajaki dua opsi ukuran layar untuk iPhone layar lipat yakni 7,9 inci dan 8,3 inci.


Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya