Cat Frame Smartphone Galaxy Z Fold6 Mengelupas, Apa Kata Samsung?

Ada keluhan tentang cat frame di smartphone Galaxy Z Fold6 mengelupas, Samsung pun mengungkap kemungkinan penyebabnya.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 02 Sep 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 09:30 WIB
Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa kasus di mana cat pada frame smartphone terbaru Samsung, Galaxy Z Fold6 mengelupas. Pihak Samsung pun memberikan tanggapan atas hal ini.

Mengutip Gizchina, Minggu (1/9/2024), Samsung mengaitkan masalah cat frame yang mengelupas dengan penggunaan pengisi daya pihak ketiga yang tidak kompatibel. Menurut Samsung, pengisi daya ini bisa menghasilkan arus bocor yang bisa merusak lapisan pelindung pada cat.

Ujung-ujungnya, hal tersebut menyebabkan delaminasi dan pelelehan. Sebagai solusi, Samsung merekomendasikan penggunaan pengisi daya resmi dari Samsung.

Pihak Samsung juga menegaskan, pengisi daya yang memenuhi sandar Qi seharusnya tidak menimbulkan masalah. Namun, untuk memastikan kinerja dan perlindungan optimal, mereka menekankan penggunaan pengisi daya buatan perusahaan.

Meski begitu, Samsung tak mengesampingkan kemungkinan adanya cacat pada desain yang membuat lapisan cat di smartphone Samsung Galaxy Z Fold6 mereka mengelupas.

Kendati sudah dijelaskan kalau kemungkinan masalah cat mengelupas ini karena penggunaan pengisi daya pihak ketiga, banyak pengguna Samsung yang menyampaikan ketidakpuasan mereka terhadap tanggapan perusahaan via medsos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konsumen Minta Samsung Tetap Sertakan Charger di Boks Galaxy Z Fold

Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Beberapa pengguna di Reddit berpendapat, tak adil jika konsumen yang harus bertanggung jawab penuh untuk mencegah pengelupasan cat frame ponsel.

Bahkan gara-gara respon Samsung itu, ada saja pengguna yang mempertanyakan keputusan Samsung untuk tidak menyertakan pengisi daya di dalam boks.

Keberadaan pengisi daya di dalam boks pun sebenarnya cukup masuk akal untuk perangkat yang harganya setara Galaxy Z Fold6. Praktik ini kerap membuat pengguna membeli pengisi daya pihak ketiga yang lebih murah.

 


Ternyata Bukan Pertama Kalinya Cat Frame Mengelupas

Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Selain ternyata bisa menyebabkan cat frame terkelupas, penggunaan pengisi daya pihak ketiga juga membuat baterai perangkat lebih mudah usang.

Ini bukan pertama kalinya cat mengelupas jadi masalah di kalangan pengguna perangkat Samsung. Sebelumnya ada laporan tentang masalah serupa di Galaxy S23 dan Tab S8.

Meningkatnya jumlah keluhan tentang cat frame yang mengelupas ini mendorong perusahaan merilis dokumentasi terperinci tentang kemungkinan penyebab dan metode pencegahannya.


Ada Galaxy Z Fold6 Edisi Harga Rp 136 Jutaan

Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Caviar, merek yang dikenal dengan kustomisasi ponsel mewah telah meluncurkan koleksi terbaru. Koleksi baru kali ini mencakup Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 dalam gaya tennis-core yang sedang tren.

Mengutip informasi dari Android Headline, Selasa (27/8/2024), Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 terbaru dari Caviar ini mengambil desain dari budaya estetika tenis. Ada dua varian warna yang diperkenalkan yakni emerald dan sapphire.

Varian emerald hadir dengan kulit Chevre asli berwarna hijau. Desain tersebut dilapisi logam perhiasan 24 karat yang dipadukan dengan teknologi Double Electroplated.

Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 juga menawarkan tingkat kemewahan yang sama. Perangkat ini memiliki desain berpola di bagian belakang bodi yang terbuat dari perak 22 karat.

Tidak hanya itu, nuansa mewah dari smartphone ini juga ditunjang dengan kehadiran 16 kristal Swarovski. Perangkat ini juga akan hadir secara terbatas, hanya 99 unit untuk masing-masing model.

HP Samsung yang telah dikustomisasi ini dapat dibeli dari situs web perusahaan mulai dari USD 8.770 atau sekitar Rp 135 juta. Sementara varian paling mahal dibanderol USD 10.130 atau sekitar Rp 159 juta.

Sebagai perbandingan, Galaxy Z Flip6 biasa dibanderol dengan harga Rp 17.499.000. Lalu untuk Galaxy Z Fold6 dijual dengan harga Rp 26.499.000.

(Tin)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya