Canon EOS R5 Mark II Resmi Meluncur, Tawarkan Upgrade Signifikan

Canon EOS R5 Mark II adalah penerus dari EOS R5 yang populer, dengan peningkatan signifikan pada kinerja dan fitur.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 06 Sep 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 19:00 WIB
Canon
Peluncuran kameran Canon EOR R5 Mark II di pasar Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia resmi mengumumkan kehadiran Canon EOS R5 Mark II. Kamera ini merupakan penerus EOS R5 yang meluncur pada 2020.

Disebutkan, Canon EOS R5 Mark II hadir dengan peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya. Kamera ini disebut sebagai mirrorless hybrid yang ideal untuk berbagai kalangan, mulai dari fotografer profesional hingga kreator konten.

Kamera ini memiliki sensor full-frame BSI 45MP dengan Dual Pixel Intelligent AF, Eye Control AF, kecepatan pembacaan yang lebih ngebut, serta sejumlah fitur cerdas lain berbasis Deep Learning.

"EOS R5 Mark II mewarisi fitur yang terbaik dari EOS R5 dan sudah ditingkatkan dengan fitur-fitur inovatif lainnya untuk membuat kamera ini jauh lebih unggul," tutur Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetiawan saat peluncuran.

Berbekal autofocus Eye Control AF, pengguna bisa terbantu untuk memilih titik fokus memakain gerakan mata EVF (Electronic View Finder). Kamera ini juga dilengkapi fitur AI untuk memperbesar resolusi gambar hingga 179MP hingga denoising.

EOS R5 Mark II memiliki layar sentuh LCD berukuran 3,2 inci (2,1 juta dot) dengan engsel fully articulated yang bisa diputar ke segala arah.

Kamera ini membawa fitur Accelerated Capture System dengan DIGIC Accelerator terbaru yang dipasangkan dengan prosesor gambar DIGIC X. Ini membuatnya mampu memproses jumlah data yang sangat besar dari sensor CMOS terbaru.

Tidak hanya itu, kamera ini juga telah memanfaatkan fitur AI yakni Deep Learning dengan jaringan neural yang kompleks dan algoritma canggih.

Canon juga membekali kamera ini dengan mode Action Priority AF terbaru. Jadi, pengguna bisa dibantu untuk mengenali gerakan menonjol dalam olahraga dan fokus pada momen penting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Canon EOS R5 Mark II

Canon
Assistant Marketing Manager of Canon Business Unit PT Datascrip Danni Nahason. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kamera mirrorless Canon ini memiliki bodi dan eksterior dari magnesium alloy yang ringan, serta kedap debu dan tetesan air. Bahan ini membuat bobot bodi kamera ini hanya 746 gram, dua kali lebih ringan dibandingkan EOS R5.

Sebagai penunjang performanya, kamera ini dipersenjatai baterai tipe LP-E6P. Selain itu, ada dua slot memori yang terdiri dari satu slot CFexpress Type B dan satu slot SD Card UHS-II.

Adapun harga Canon EOS R5 Mark II (body only) adalah Rp 93.728.400, sedangkan dengan tambahan lensa RF24-105mm f/4L IS USM, kamera ini dibanderol Rp 117.793.200.


Kemampuan Lain Canon EOS R5 Mark II

Nantinya, kamera dapat menganalisis posisi bola, gerakan sendi, dan keberadaan berbagai subjek melalui deep learning. Fokus kamera secara otomatis akan dialihkan ke orang yang melakukan aksi tertentu.

Untuk kemampuan videonya, EOS R5 Mark II mampu merekam hingga resolusi DCI 8K/30 fps atau 4K/60 fps, termasuk format RAW dan HDR. Kamera ini juga menyediakan banyak mode dan opsi perekaman standar industri film.

Kamera EOS R5 Mark II turut menawarkan fitur Canon Log 2 & 3.Canon Log 2 untuk menghasilkan kualitas gambar seperti film, sedangkan Log 3 mudah ditangani untuk gradasi warna dan menghasilkan noise yang berkurang di area gelap.

Untuk perekaman audio, kamera ini mampu merekam audio dengan kualitas suara 24-bit dengan dukungan input audio 4-saluran. Audio input ini mampu digabunkan dengan mikrofon eksternal, internal, dan mikrofon lain untuk berbagai situasi.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya