Foxconn Perkenalkan Smartwatch Baru Buatannya

Perangkat pintar anyar itu bisa mengukur aktifitas-aktifitas penting dari pemakainya, seperti mencatat aktifitas bernafas dan detak jantung.

oleh Denny Mahardy diperbarui 28 Jun 2013, 17:01 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2013, 17:01 WIB
smartwatch-130628b.jpg
Jam tangan pintar belakangan ini menjadi perangkat cerdas yang sedang digarap oleh banyak vendor. Foxconn, Perusahaan manufaktur asal Taiwan yang selama ini dikenal sebagai perakit produk Apple, juga tak mau ketinggalan.

Foxconn secara resmi mengumumkan perangkat aksesori lifestyle canggih besutannya berupa jam tangan pintar. Perangkat yang disebut juga sebagai smartwatch buatan Foxconn itu diklaim bisa terhubung secara nirkabel dengan smartphone milik rekanan yang juga diproduksi di pabrik milik Foxconn, Apple iPhone.

Seperti yang Liputan6.com kutip dari Ubergizmo, Jumat (28/6/2013), smartwatch buatan Foxconn tersebut juga disebutkan mampu berfungsi sebagai alat kesehatan. Perangkat pintar anyar itu bisa mengukur aktifitas-aktifitas penting dari pemakainya, seperti mencatat aktifitas bernafas dan detak jantung.

Ketika penggunanya menunjukkan hasil yang terlihat kurang baik jam pintar ini secara otomatis memberikan saran untuk memperbaiki kondisi kesehatan penggunanya. Selain itu, smartwatch ini juga bisa memeriksa panggilan telepon dan pesan Facebook.

"Dengan alat tersebut (smartwatch), Anda bisa menyimpan telepon di saku Anda dan memeriksa semua pesan dengan mudahnya melalui jam tangan Anda," kata Terry Gou, Founder dan Chairman Foxconn dilansir Want China Times.

Nantinya, Foxconn disebutkan bakalan melengkapi smartwatch buatannya dengan fitur identifikasi sidik jari. Fitur ini diklaim akan membantu divisi komunikasi dan riset medis perusahaan induk Foxconn dalam pencatatan data medis pribadi.

Peluncuran smartwatch Foxconn ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari rencana Apple untuk membuat perangkat serupa yang dinamai iWatch. Tindakan Foxconn memperkenalkan smartwatch sebelum Apple disebutkan pengamat sebagai langkah mandiri dan tak mau hanya sekedar menunggu pesanan Apple. (den/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya