Akhirnya, Korea Utara Buat Tablet Android

Walaupun perangkat tablet sudah diperbolehkan untuk beredar di Korea Utara, negara itu masih tak bisa memakai internet.

oleh Denny Mahardy diperbarui 29 Jun 2013, 12:00 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2013, 12:00 WIB
korea-utara-130628c.jpg

Tren penggunaan perangkat tablet yang menjangkiti seluruh dunia ternyata menggoda Korea Utara untuk ikut serta. Pemimpin negara berasas sosialisme itu akhirnya mengizinkan perangkat tablet diproduksi di negaranya.

Mengutip dari PhoneArena, Sabtu (29/6/2013), perusahaan elektronik asal Korea Utara meluncurkan sebuah perangkat tablet bernama Samjiyon secara resmi ke pasar gadget di negaranya. Tablet ini berjalan di atas sistem operasi Android buatan Google Inc.

Walaupun perangkat tablet sudah diperbolehkan untuk beredar di Korea Utara, negara itu masih tak bisa memakai internet. Sebab, negara itu masih memberlakukan peraturan ketat yang berkaitan dengan internet.

Samjiyon juga dilengkapi dengan fitur permainan. Game pertandingan bola basket, menembak tank dan Angry Birds tersedia di perangkat tablet baru agar bisa digunakan sebagai hiburan dan mengisi waktu luang penggunanya dengan gadget yang lahir di Korea Utara ini.

Sayangnya, tak ada penjelasan detil seputar jeroan yang digunakan pada tablet seluas 10 inci. Satu hal yang pasti, para pemimpin di negara itu hanya melahirkan komputer tablet Samjiyon untuk alat hiburan, bukan perangkat komunikasi seperti fungsi perangkat tablet yang beredar kebanyakan. (den/gal/*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya