Adopsi Jaringan LTE-Advanced, iPhone 5S Punya Akses Supercepat?

SK Telecom telah menggandeng Samsung dan menghadirkan Galaxy S4 yang menunjang 4G LTE-A. Tapi Galaxy S4 ternyata dirasakan tak cukup.

oleh Bayu Galih diperbarui 02 Jul 2013, 11:34 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2013, 11:34 WIB
iphone-5s-130702b.jpg
Apple sudah lama diprediksi akan memperkenalkan iPhone 5S sebagai smartphone terbarunya. Sejumlah rumor terus berkembang mengenai kecanggihan iPhone 5S. Salah satunya adalah kemampuan mendukung jaringan supercepat yang baru diperkenalkan, 4G LTE-Advanced.

Jaringan 4G LTE-A telah diperkenalkan operator seluler SK Telecom di Korea Selatan yang merupakan negara asalnya, pekan lalu. SK Telecom telah menggandeng Samsung dan menghadirkan Galaxy S4 yang menunjang jaringan 4G LTE-A. Tapi Galaxy S4 ternyata dirasakan tak cukup.

"SK Telecom sedang mendekati Apple untuk menghadirkan teknologi LTE-A di iPhone 5S mendatang," kata sumber di SK Telecom kepada Korea Times, yang Liputan6.com kutip Selasa (2/7/2013). "Kami masih dalam tahap negosiasi," lanjutnya.

Capai 150 Mbps

LTE-A memang menjanjikan kecepatan untuk akses internet yang supercepat. Dilansir dari laman The Verge, secara teori LTE-A bisa mencapai kecepatan maksimum 150 Mbps. Sedangkan kecepatan minimumnya sekitar 37.5 Mbps.

Dalam ujicoba yang dilakukan SK Telecom, kecepatan unduh jaringan LTE-A ini bisa mencapai 102 Mbps. Sebagai perbandingan, kecepatan ini 10 kali lipat dari rata-rata jaringan broadband rumah di AS. Tentu ini menghadirkan kenyamanan bagi pengguna perangkat.

Sayangnya teknologi ini baru optimal digunakan Korea Selatan. Negeri ginseng itu bahkan sudah memiliki tujuh perangkat yang mendukung jaringan LTE-A, salah satunya Galaxy S4.

Tapi Korea Selatan tetap pasar yang besar bagi Apple. Tentu ini juga jadi pertimbangan. Selain itu, adopsi jaringan LTE-A di negara maju lain seperti Jepang, Amerika Serikat, atau Inggris juga tinggal menunggu waktu.

Bagaimana dengan Indonesia? Jika adopsi 4G saja masih memiliki banyak kendala, terutama dalam hal regulasi, sepertinya 4G LTE-A di Indonesia masih jauh terwujud. Entah hingga kapan.(gal/*)

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya