Dukung Industri Kreatif, Kompetisi Gambar Digital Digelar

Kompetisi ini memanfaatkan pena stylus dan tablet grafis untuk membuat suatu karya visual yang identik dengan keindahan Indonesia.

oleh Adhi Maulana diperbarui 30 Jul 2013, 10:01 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2013, 10:01 WIB
wacom-2-130730b.jpg
Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 pada 17 Agustus mendatang, PT. Datascrip bekerja sama dengan Kreavi.com mengagas kompetisi bertajuk "Ilustrasikan Indahnya Indonesiaku Bersama Wacom".

Sesuai dengan tajuk yang diusung, para peserta kompetisi yang berlangsung sejak 1-25 Juli 2013 kemarin ini memanfaatkan produk-produk pena stylus dan tablet grafis besutan Wacom untuk membuat suatu karya visual yang identik dengan keindahan Indonesia. Seperti gambar pemandangan pesawahan, pegunungan, dan lainnya yang umumnya dituangkan oleh seorang anak kecil saat menggambar. Tercatat ada sekitar 145 karya yang masuk via jejaring sosial ke pihak panitia penyelenggara.

"Dari pengalaman saya bertemu dengan teman-teman ilustrator, ternyata banyak dari mereka yang belum memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung pekerjaan teknis menggambarnya. Kebanyakan masih menggambar manual. Padahal saat sudah banyak teknologi yang dapat membantu pengguna mengeksplorasi lebih jauh pembuatan konten digital dengan cepat dan mudah. Berdasarkan hal inilah kami menggelar kompetisi ilustrasi digital," papar Lucia Melanie, Marketing Eksekutif Wacom PT Datascrip pada acara pengumuman pemenang kompetisi di Senayan City Jakarta.

Kompetisi "Ilustrasikan Indahnya Indonesiaku Bersama Wacom" ini berhasil memilih 10 karya terbaik yang akan dipajang di 10 sekolah terpilih dengan tujuan menginspirasi anak-anak agar lebih bersemangat mengembangkan kemampuan menggambar dengan bantuan teknologi.

"Kenapa kami pajang di sekolah-sekolah? Tujuannya untuk menginspirasi anak-anak agar lebih bersemangat mengembangkan kemampuan serta menunjukkan kalau hobi menggambar juga dapat menjadi profesi yang menjanjikan," jelas Lucia.

Pada kompetisi kali ini, karya milik Eka Fajar Setyawan, seorang ilustrator bebas yang juga mahasiswa asal Jakarta keluar sebagai pemenang utama dan berhak mendapatkan hadiah utama berupa tablet grafis Wacom Cintiq 13HD.

"Kompetisi-kompetisi seperti ini sangat diperlukan karena dapat mengedukasi para pelaku industri kreatif, khususnya para ilustrator muda untuk mengoptimalkan dukungan teknologi dalam berkarya," kata Chris Lie, Founder dan Line Artis Caravan Studio yang bertidak sebagai juri. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya