VIDEO: Libur Pilkada, Lalu Lintas Ibukota Lengang

Kondisi lalu lintas lengang ini dikarenakan libur yang bersamaan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Des 2015, 14:10 WIB
Diterbitkan 09 Des 2015, 14:10 WIB
20151209-Lalin Pilkada-Jakarta
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Ruas Jalan Sudirman, Jakarta Pusat terlihat lengang tidak seperti sehari-hari yang tampak kemacetan saat jam kerja. Suasana sepi juga terlihat di Stasiun Sudirman yang turun untuk berpindah ke moda angkutan lain.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (9/12/2015), akibatnya banyak bus kota yang tak terisi penuh oleh penumpang. Begitu pula tak tampak antrean di halte bus Transjakarta.

Kondisi lalu lintas lengang ini dikarenakan libur yang bersamaan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015 di hampir seluruh daerah.

Sementara itu, dari 269 wilayah yang seharusnya menggelar Pilkada Serentak pada hari ini, ada 5 daerah yang harus ditunda. Kelima wilayah itu adalan provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Simalungun (Sumatera Utara), Kota Pematang Siantar (Sumatera Utara), Kota Manado (Sulawesi Utara), dan Kabupaten Fak Fak (Papua Barat).

Penundaan itu menyusul putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) terkait perubahan komposisi calon pasangan kepala daerah di masing-masing daerah.

PTTUN menjatuhkan putusan yang menyatakan calon kepala daerah di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Fak Fak dapat kembali mengikuti Pilkada Serentak setelah sebelumnya pencalonan mereka dibatalkan KPUD setempat.

Sedangkan di 3 daerah lainnya masih berupa putusan sela yang memerintahkan menunda keputusan KPUD setempat tentang pembatalan 3 calon kepala daerah di wilayah tersebut. Atas putusan ini, KPU Pusat akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya