Hatta Serahkan Jabatan Menteri ke Chairul Tanjung Pekan Depan

Chairul Tanjung dinilai sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Hatta Rajasa sebagai Menko Perekonomian.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 13 Mei 2014, 15:05 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2014, 15:05 WIB
Hatta rajasa dan Chairul Tanjung
Hatta rajasa dan Chairul Tanjung

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menunjuk Chairul Tanjung (CT) sebagai Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa. Rencananya serah terima jabatan bakal dilakukan pada pekan depan.

"Iya, katanya (minggu depan)," kata sumber saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Dia menilai Chairul Tanjung sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Hatta Rajasa sebagai Menko Perekonomian. Apalagi sebagai ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul terus mengawasi perkembangan ekonomi di Indoensia.

"Jadi harusnya dia tidak kaget dari program yang ada. Mungkin ada yang bisa di-adjust, tapi tidak banyak," jelas dia.

Keputusan Presiden SBY untuk menunjuk Chairul Tanjung diungkapkan oleh Ketua Apindo Sofjan Wanandi. Menurut dia, informasi ini didapatkanya dari beberapa orang di lingkaran dalam istana dan juga beberapa pengusaha.(Baca: Chairul Tanjung Bakal Gantikan Hatta Jadi Menko Perekonomian?)

Sofjan menuturkan, sebenarnya Hatta telah mengajukan rencana untuk mengundurkan diri sejak lama."Tetapi oleh SBY, permohonan tersebut tidak ditanggapi karena belum ada nama calon pengganti. "Akhirnya keluar nama Chairul Tanjung." jelasnya kepada Liputan6.com.

Menurut Sofjan, meskipun pemerintahan saat ini tinggal empat bulan lagi, tetapi keputusan SBY menunjuk Chairul sebagai pengganti Hatta sangat tepat. "Ia sudah sering ikut rapat kabinet karena Ketua KEN," tambahnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan, Julian Pasha membenarkan, kabar pengunduran diri Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. [Baca: Hatta Rajasa Mundur dari Menteri Perekonomian, Tinggal Lapor SBY]

Rencananya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu akan menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk pemberitahuan pengunduran tersebut.

"Ya (mengundurkan diri), tapi tunggu pernyataan dari Pak Hatta saja ya," kata Julian dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com.

Julian mengaku, Hatta Rajasa bakal bertemu langsung dengan Presiden sore ini terkait pengunduran dirinya. "Bertemunya pukul 17.00 WIB," ucapnya singkat. (Fik/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya