Reaksi Menkeu Saat Tahu Narkoba Masuk Lewat Timor Leste

Saat ini para penyelundup barang haram tersebut sudah menggeser pintu masuknya yang awalnya.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 06 Jun 2014, 15:20 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2014, 15:20 WIB
Hutang Budi, Bikin Pria ini Rela Jadi Kurir Narkoba
Atas perbuatannya, MSA kini harus mendekam di tahanan BNN. Dia terancam hukuman 20 tahun Senin (2/6/14) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Agung Kuswandono mengungkapkan, aksi penyelundupan narkoba saat ini masuk mulai dilakukan melalui perbatasan darat seperti di Timor Lest.

"Sudah mulai masuk narkoba dari Timor Leste ke kita (Indonesia)," kata Agung di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Jumat (6/6/2014).

Mendengar kabar tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri yang duduk disamping Agung langsung tersentak.
"Wah narkoba sudah masuk ke kita?," ungkap Chatib.

Agung melanjutkan, saat ini para penyelundup barang haram tersebut sudah menggeser pintu masuknya yang awalnya lewat bandara, kini mengambil jalur darat dan lautan bahkan ada yang memakai kapal pesiar.

Tidak hanya di perbatasan Timor Leste saja tetapi juga perbatasan Indonesia dengan wilayah lain.

"Dari Nunukan (Kalimantan) sudah masuk dari sana, sudah bergeser dulunya Soekarno Hatta (bandara), sudah bergerak ke perbatasan-perbatasan, sudah bergerak ke laut, dari feri, yacht, karena dari Singapura  jaraknya dekat itu," ungkap dia.

Menurut Agung, angka penyelundupan tersebut terus meningkat, dengan berbagai macam modus operandi.

"Narkoba tiap hari, makin naik kecil besar menggunakan TKI modusnya didatangi orang luar mau dinikahi, diajak kerja di sana ditakut takuti dia pulang bawa narkoba," pungkas dia. (Pew/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya