Program Mudik Gratis Bikin Bus AKAP Sepi Penumpang

Terjadi penurunan pengguna bus pada mudik Lebaran ini hingga 30 persen.

oleh Septian Deny diperbarui 14 Jul 2015, 15:20 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2015, 15:20 WIB
Terjadi penurunan pengguna bus pada mudik Lebaran ini. (Liputan6.com/Septian Deny)
Terjadi penurunan pengguna bus pada mudik Lebaran ini. (Liputan6.com/Septian Deny)

Liputan6.com, Jakarta - Program mudik gratis yang banyak digelar oleh perusahaan baik BUMN maupun swasta pada tahun ini ternyata memberikan dampak pada bisnis bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Sukayat, pengendara bus Prima Jasa mengatakan, akibat program ini, terjadi penurunan pengguna bus pada peride mudik Lebaran ini hingga 30 persen.

"Sampai sekarang turun cukup banyak, mungkin sekitar 30 persen," ujarnya di Pool Bus Prima Jasa Cililitan, Jakarta Timur, Selasa (14/7/2015).

Dia menjelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya, perusahaan harus menambah jumlah bus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan angkutan mudik. Namun pada tahun ini, penambahan armada belum maksimal.

Dia berharap, pada H-2 dan H-1 Lebaran akan ada kenaikan jumlah pengguna bus saat mudik. Hal ini karena rata-rata pekerja mulai mendapatkan jatah libur.

"Mudah-mudahan setelah H-3 mulai ramai," kata dia.

Sementara itu, rute yang paling diminati masyarakat untuk mudik, lanjut Sukayat, antara lain dengan tujuan Bandung, Tasikmalaya dan Garut. Hal ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Yang paling banyak itu Bandung, kemudian Tasik, Garut. Ada juga ke Merak (Banten)," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya