Lakukan Hal Ini Kalau Mau Sukses Presentasi di Rapat

Apakah Anda sering merasa gugup dan takut sebelum menyampaikan presentasi?

oleh Vina A Muliana diperbarui 25 Feb 2016, 07:01 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2016, 07:01 WIB
Bercinta Sebelum Presentasi, Ampuh Hilangkan Rasa Gugup
Bercinta pada saat sebelum presentasi, ternyata efektif untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah mendapat tanggung jawab besar untuk menyampaikan sebuah presentasi di kantor. Entah untuk mempromosikan produk terbaru atau untuk menyampaikan perkembangan proyek yang sedang dilakukan.

Apakah Anda sering merasa gugup dan takut sebelum menyampaikan presentasi tersebut? Kalau ya, berarti Anda tidak sendiri. Nyatanya banyak orang yang terkadang merasa tertekan bahkan sebelum presentasi tersebut dimulai.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk memendam rasa gugup tersebut? Berikut beberapa tipsnya seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (25/2/2016):

1. Motivasi diri sendiri

Sebelum memulai presentasi, coba tanamkan dalam diri bahwa Anda mampu sukses menyampaikan presentasi yang ada. Menanamkan motivasi dan nilai-nilai positif dalam diri dapat membuat Anda tergugah sehingga mampu melewati presentasi tersebut denga maksimal.

2. Peregangan tubuh sederhana

Lakukan gerakan peregangan tubuh sederhana sebelum memulai menyampaikan presentasi. Kegiatan ini dapat membantu membuka saraf sehingga oksigen mampu masuk lebih banyak dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

3. Tarik nafas dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam dapat membantu Anda untuk mengurangi gugup dan menghilangkan rasa stress yang terkadang bisa menyerang.

4. Fokus memberi

Satu trik unik yang dapat Anda lakukan adalah merubah anggapa bahwa presentasi merupakan sesuatu hal sulit yang dilakukan. Anda dapat mencoba mengemas presentasi tersebut sebagai ‘hadiah’ pada audiens Anda nanti.

Pemikiran seperti ini akan membuat Anda lebih rileks dalam menghadapi audiens.

5. Tahu fakta tentang audiens

Berbicara di depan orang banyak merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun tahukah Anda ternyata ada beberapa fakta tentang audiens yang dapat mendorong Anda menjadi lebih percaya diri saat berbicara.

Audiens memiliki tiga fakta penting yang perlu Anda ketahui. Pertama, saat menyampaikan presentasi mereka menganggap Anda sebagai seorang ahli. Kedua, mereka ingin Anda sukses menyampaikan materi dan yang ketiga, mereka tidak pernah tahu tentang apa yang akan Anda bicarakan.

Mengetahui fakta mengenai audiens ini nantinya dapat membuat Anda lebih mudah untuk merubah rasa takut gagal saat menyampaikan sebuah presentasi. (Vna/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya