Ada Jokowi dan Iriana di Wall of Fame Alibaba

Alibaba menggelar She Era Alibaba Group Global on Women and Entrepreneurship di Hangzhou, China.

oleh Zulfi Suhendra diperbarui 10 Jul 2017, 20:46 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2017, 20:46 WIB
Foto Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana bersama Jack Ma terpampang di kantor Alibaba di Hangzhou, China. (Liputan6.com/Zulfi Suhendra)
Foto Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana bersama Jack Ma terpampang di kantor Alibaba di Hangzhou, China. (Liputan6.com/Zulfi Suhendra)

Liputan6.com, Hangzhou - Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke China, khususnya ke Hangzhou pada September tahun lalu, nampaknya jadi salah satu momen tak terlupakan bagi Jack Ma, pendiri Alibaba, perusahaan platform e-commerce terbesar di China.

Ini terlihat dari foto Jokowi bersama Ibu Negara Iriana yang terpampang di kantor salah satu orang terkaya di dunia ini.

Liputan6.com dengan puluhan jurnalis dari Asia berkesempatan mengunjungi sejumlah gedung di kompleks perkantoran Alibaba Group, di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang, China. Ini adalah rangkaian acara di sela gelaran She Era Alibaba Group Global on Women and Entrepreneurship.

Begitu rombongan sampai di kantor Alibaba, kami langsung disambut petugas keamanan di pintu masuk. Setelah gerbang dibuka, tibalah kami di komplek perkantoran yang berdiri di atas lahan 260 ribu meter persegi ini.

Kami pun sampai di salah satu gedung dan langsung digiring ke lantai 7. Begitu pintu lift terbuka, kami langsung disuguhi pemandangan dinding yang dipenuhi dengan foto-foto.

Bingkai foto tersebut tak berukuran besar, sekitar 15X20 centimeter, sehingga tak terlihat siapa-siapa saja yang ada di foto jika tak dilihat dari dekat.

Salah satu yang membuat kami, rombongan dari Indonesia terkejut namun juga bangga adalah foto Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama Jack Ma. Jokowi mengenakan kemeja putih dipadu dengan dasi merah dan berbalut jas hitam. Didampingi Ibu Negara Iriana yang mengenakan kebaya merah. Sedangkan Jack Ma mengenakan setelan senada dengan Jokowi namun dengan dasi berwarna biru.

Tertulis pada keterangan foto tersebut bahwa foto itu diambil pada 2 September 2016. Diketahui Jokowi mengunjungi kantor Alibaba di sela gelaran G20 tahun lalu saat China menjadi tuan rumah.

Selain Jokowi, ada juga foto sejumlah tokoh negara lain seperti Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbul, Presiden Chin Xi Jinping, dan pejabat negara lainnya. Bahkan ada juga foto Jack Ma semasa muda ketika mulai merintis Alibaba. Jadi, ini bisa saja disebut Wall of Fame.

Suasana di kantor Alibaba sangat menarik. Ada 7 gedung di komplek perkantoran Alibaba. Kendaraan pekerja tak hanya mobil atau motor, namun juga sepeda. Maklum, sepeda salah satu kendaraan publik populer di Hangzhou, umumnya di China.

Ada lebih dari 50 ribu orang yang bekerja untuk Alibaba. Namun perlu ditegaskan, angka ini tak hanya di kantor pusat Hangzhou namun juga tersebar di wilayah lain seperti Beijing atau Hong Kong.

Beberapa ruangan dibuat berwarna dan nampak segar dipandang. Yang juga menarik adalah tempat kerja direksi perusahaan yang dibuat menyerupai rumah etnik.

Simak video menarik berikut ini:


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya