Alibaba Gelar Pameran Taobao, Produk Kreatif Anak Muda China

Alibaba Group, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia menggelar pameran Taobao Maker Festival.

oleh Zulfi Suhendra diperbarui 09 Jul 2017, 16:30 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2017, 16:30 WIB
Alibaba Group, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia menggelar pameran Taobao Maker Festival. (Zulfi/Liputan6.com)
Alibaba Group, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia menggelar pameran Taobao Maker Festival. (Zulfi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Alibaba Group, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia menggelar pameran Taobao Maker Festival. Penjual barang online di situs Taobao - anak usaha Alibaba - berkumpul di pameran ini.

Ini kali kedua perusahaan besutan Jack Ma menggelar pameran yang sama. Tahun lalu, Taobao Maker Festival pertama kali digelar. Ada 108 booth peserta ikut dalam acara ini. Mereka dipilih dari puluhan ribu penjual di Taobao.com berdasarkan produk dan kreativitas.

Konsep dari pameran ini adalah offline bazar, di mana konsumen tak bisa bertransaksi dan membeli barang di tempat. Semua tetap harus melakukan transaksi di aplikasi Taobao atau situs resmi dan membayar dengan Alipay. Jadi, pameran ini bersifat offline dan barang di pameran ini hanya pajangan atau representasi dari produk yang mereka jual di Taobao.

"Ini bukan soal menjual tapi memamerkan. Jadi jika ada yang datang ke sini membawa tas besar dan ingin berbelanja, dia akan kecewa. Konsep ini lebih menyegarkan," tutur Direktur Pemasaran Alibaba Group Chris Tung ditemui di lokasi, Minggu (9/7/2017).

Chris sengaja mengusung konsep belanja offline seperti ini untuk penyegaran. Tujuannya agar pengunjung bisa lebih banyak berinteraksi dengan pelaku usaha yang ikut serta di acara ini. Pasalnya, peserta terpilih di pameran ini adalah para pengusaha muda generasi kelahiran 90-an yang punya kreativitas tinggi dan cerita menarik dalam membangun bisnis.

"Kami ingin menunjukkan semangat kreativitas dan orisinalitas. Taobao ini lahir karena semuanya punya jiwa entrepreneur. Jika melihat portofolio mereka, mereka ini punya cerita yang fantastis di balik usahanya itu," kata dia.

Dari tampilannya, pameran ini memang sengaja dibuat lebih segar dengan produk-produk yang dijual mengikuti tren anak muda. Yang datang ke acara ini pun didominasi oleh anak-anak muda.

Jumlah peserta yang ikut acara ini pun bertambah. Dikatakan Chris, tahun lalu, peserta Taobao Maker yang ikut sebanyak 72 tenant. Tahun lalu, festival yang sama dilakukan di kota Shanghai. Tahun ini selain di Hangzhou, Taobao Maker juga dilangsungkan di luar China untuk pertama kalinya, yaitu di Taipei, Taiwan di pekan yang sama.

Di Hangzhou, Taobao Maker Festival 2017 dilangsungkan di Hangzhou International Expo Centre, kota Hangzhou Provinsi Zhejiang, China. Pameran ini diadakan mulai 8-12 Juli 2017 mulai pukul 10.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Untuk diketahui, Taobao adalah salah satu anak usaha dari Alibaba group yang merupakan situs marketplace yang bersifat consumer to consumer (c2c) dan hanya tersedia dalam versi bahasa China.

Ini adalah salah satu lini bisnis Alibaba Group yang didirikan sejak 2003. Hingga saat ini, aplikasi Taobao merupakan aplikasi e commerce terbesar di China dengan jumlah pemakai 468 juta setiap bulan. Taobao juga bisa diakses melalui Taobao.com.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya