Ini 19 Pintu Tol yang Diusul Terapkan Sistem Buka Tutup Saat Asian Games 2018

Sistem buka tutup dilakukan guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di sejumlah ruas tol selama berlangsungnya perhelatan ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 24 Jul 2018, 16:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2018, 16:00 WIB
Pintu Gerbang Tol JORR. (Dok Kementerian PUPR)
Pintu Gerbang Tol JORR. (Dok Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan penerapan sistem buka tutup pintu tol selama berlangsungnya Asian Games 2018 di Jakarta.

Itu dilakukan guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di sejumlah ruas tol selama berlangsungnya perhelatan ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

Demi melanggengkan usulan ini, BPTJ akan menggelar rapat bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada hari ini di Kantor BPTJ, Jakarta.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, pengaturan sistem buka tutup ini akan dilaksanakan untuk 19 pintu tol prioritas. Selain itu, penerapan kebijakan tersebut telah disesuaikan dengan jadwal kegiatan para atlet selama di Asian Games.

"Terkait dengan buka tutup pintu tol, yang pertama adalah kita lakukan pengaturan pagi hari sama sore hari. Karena pagi hari mereka berangkat dari wisma atlet ke venue. Kemudian sore hari kembali dari venue-venue ke wisma atlet," jelas dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

"Pada pagi hari kita atur 10 pintu tol. Waktu pulang 9 pintu tol. Jadi itu yang kita atur," Bambang menambahkan.

Alasan lain aturan itu, lanjut dua, karena jumlah petugas di lapangan yang terbatas. Menurutnya, akan sulit bila kebijakan itu dijalankan secara manual. "Jadi kita harus mainkan sistem, ini untuk bantu kelancaran," ungkap dia.

Dia menyampaikan, usulan tersebut coba diajukan agar keamanan seluruh insan yang terlibat saat Asian Games mendatang dapat terjamin.

"Bayangin, ada sekitar 170 ribu wisatawan asing yang jadi supporter untuk mendukung negara masing-masing. Itu akan bergerak sepanjang hari. Nah itu yang perlu kita amankan," tegas dia.

 


Tunggu Keputusan

Pintu Gerbang Tol JORR. (Dok Kementerian PUPR)
Pintu Gerbang Tol JORR. (Dok Kementerian PUPR)

Namun begitu, Bambang menyatakan, hal ini masih sebatas ide sebab masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat. Pihaknya berencana untuk mengadakan rapat bersama Kementerian PUPR agar keputusan tersebut bersifat final.

"Jadi Kementrian PUPR itu lagi exercise. Kita menunggu keputusan dari Kementerian PUPR. Hari ini kita akan adakan rapat Dengan Kementerian PUPR di kantor kami untuk membicarakan ini," pungkas Bambang.

Berikut 19 pintu tol yang diusulkan untuk menjalani proses buka tutup selama Asian Games 2018.

10 pintu tol yang buka tutup pada pagi hari:

1. Ancol Barat

2. Jembatan Tiga 1

3. Angke 2

4. Tanjung Duren

5. Off Ramp Rumah Sakit Harapan Kita

6. Slipi 2

7. Podomoro

8. Rawamangun

9. Pedati

10. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

9 pintu tol yang buka tutup pada sore hari:

1. Gedong Panjang 2

2. Jembatan Tiga 2

3. Angke 1

4. Jelambar 1

5. Slipi 1

6. Sunter

7. Jatinegara

8. Kebon Nanas

9. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya