BRI Mampu Galang Dana Rp 100 Juta dari NUFF 2020

Dana yang dikumpulkan oleh BRI akan digulirkan kembali untuk memberdayakan UMKM melalui Dewan Kerajinan Nasional.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 14 Sep 2020, 16:20 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2020, 16:20 WIB
Fashion Item yang dilelang di acara BRI NUFF.
Fashion Item yang dilelang di acara BRI NUFF.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berhasil menghimpun dana sebesar Rp 100,58 juta dari rangkaian Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020. Dana ini nantinya akan digulirkan kembali untuk memberdayakan UMKM melalui Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS).

NUFF 2020 ini juga menjadi rangkaian gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk membantu keberlangsungan UMKM dalam negeri, utamanya industri fesyen.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, industri fesyen menjadi salah satu penggerak roda ekonomi. Namun ketika pandemi menghantam tanah air, UMKM kian terpuruk seiring rendahnya daya beli masyarakat.

“Oleh sebab itu, sebagai sebuah gerakan Bangga Buatan Indonesia kemudian Kementerian BUMN bersama BRI berinisiatif untuk menyelenggarakan Nusantara Fashion Festival ini, yang terdiri dari virtual fashion show, fashion talks, dan juga charity fashion,” kata dia dalam Seremonial Penyerahan Donasi Nusantara Fashion Festival 2020, Senin (14/9/2020).

“Kami berinisiatif bahwa dari charity fashion ini, kemudian akan dikembalikan untuk bisa membina UMKM melalui Dekranas,” imbuh dia.

Dari dana charity hingga penjualan berbagai produk dalam rangkaian NUFF 2020, Handayani menyebutkan jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp 100,58 juta.

“Pengumpulan dana dari charity melalui penjualan produk dari para designer collaborations dengan label dan juga dari penjualan masker pada plafon ecommerce terkumpul sekitar Rp 100 juta  yang akan kami sampaikan charity ini kepada Dekranas untuk kemudian akan digunakan untuk pembinaan di 5 destinasi wisata unggulan yang sudah ditentukan kementerian pariwisata,” jelas Handayani.

Sementara untuk penjualan produk fesyen yang dipasarkan melalui digital channel yang bekerja sama dengan BRI, jumlah penjualan yang terkumpul sebesar Rp 89 miliar. “Yang ini cukup membantu menggerakkan teman-teman UMKM yang telah terkurasi sebanyak 385 UMKM,” sebut Handayani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


BRI NUFF 2020 Gelar Charity Bagi Usaha Mode yang Kena Dampak Pandemi

Bank BRI
Kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan terbesar milik negara mempersembahkan program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020

Sebelumnya, Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 menggelar karya kolaboratif ini melalui Charity Auction yang dapat diakses melalui situs resmi nusantarafashionfestival.com.

Nantinya, proses lelang virtual ini akan dimulai pada tanggal 16 Agustus 2020 pukul 12.00 dan berlangsung sampai dengan 31 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

 

Pada gelaran Charity Auction tersebut menghadirkan karya exclusive kolaborasi dari Sepatu Compass x Sejauh Mata Memandang, Darbotz x Bluesville, NIION x Rama Dauhan, HitHat x Stereoflow, Voyej x Dibba, Elhaus x Agugn, Didi Budiardjo x DGTMB, Aesthetic Pleasure x Olderplus, TANGAN x Abenk Alter dan Rinaldy A Yunardi x Museum of Toys featuring Putu Arya.

 “Sebagai bentuk upaya nyata kepedulian, kami bersama dengan seniman, brand dan perancang mode menghadirkan karya kolaborasi khusus yang kami dedikasikan bagi sesama. Melalui Charity Auction ini diharapkan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam lelang ini dan berkontribusi dalam menggerakan roda ekonomi UMKM,” Ungkap Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (26/8/2020)

Sejalan dengan kegiatan Charity Auction, NUFF 2020 juga berkolaborasi dalam menjual masker karya fashion designer yang terlibat dalam Virtual Fashion Show. Masker exclusive bisa didapatkan melalui akun resmi Nusantara Fashion Festival di Tokopedia.

Seluruh profit yang didapatkan dari kegiatan Charity Auction dan penjualan masker akan disumbangkan bagi UMKM sektor mode melalui Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) yang merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha.

Bersama dengan DEKRANAS, dana yang terkumpul akan digunakan untuk pelatihan UMKM mode di 5 lokasi wisata unggulan Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya