Likuiditas Perbankan Melimpah, Baik atau Buruk?

Melimpahnya tingkat likuiditas perbankan nasional selama pandemi Covid-19 bukanlah suatu persoalan.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Sep 2021, 20:45 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2021, 20:45 WIB
Ilustrasi bank
Ilustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebut bahwa melimpahnya tingkat likuiditas perbankan nasional selama pandemi Covid-19 bukanlah suatu persoalan.

Sebaliknya, ungkap Piter, berlimpahnya likuiditas itu bisa menjadi solusi pembiayaan fiskal.

"Karena, kalau tidak ada likuiditas berlimpah di perbankan pemerintah pasti kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan APBN," terangnya saat dihubungi Merdeka.com, Selasa (21/9).

Pun, untuk mengantisipasi persoalan likuiditas itu dia meyakini pihak perbankan telah memiliki saluran-saluran. Diantaranya menempatkan likuiditas ke instrumen surat berharga negara (SBN).

"Bank-bank tidak bermasalah dengan kelebihan likuiditasnya. Mereka bisa menempatkannya di SBN," tekannya.

Meski begitu, Piter mengakui jika banjir likuiditas akan menjadi persoalan ketika permintaan kredit kembali normal seiring meredanya pandemi Covid-19 di tanah air. Menyusul, berkurangnya ketersediaan dana likuiditas setelah dialihkan ke SBN.

"Ketika itu terjadi, perbankan yang saat ini likuiditasnya sudah ditanamkan ke SBN akan kekurangan likuiditas," tandasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkat Likuiditas

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anung Herlianto menyoroti kondisi likuiditas di perbankan nasional yang berlebih selama pandemi Covid-19.

Sebab, tingkat likuiditas yang berlebih bisa menimbulkan beban tersendiri bagi pihak bank. Meski demikian, dia tidak menyebutkan berapa besar tingkat likuiditas yang saat ini di perbankan nasional.

"Selama ini likuiditas berlebih nih, likuiditas di sisi lain bisa menimbulkan beban bagi bank," ujarnya dalam webinar IDX, Selasa (21/9).

Anung pun meminta pihak perbankan untuk bisa segera menyalurkan dana yang menumpuk tersebut. Di antaranya mendorong pertumbuhan kredit baru dengan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi nasional.

"Oleh karena itu harus ada outlet segera yang untuk disalurkan. Bank saya kira sudah tidak sabar untuk itu," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya