Kemenkeu Gelar AIFED ke-10, Akademisi hingga Profesional Bakal Bicara Pemulihan Ekonomi

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan kembali menggelar Annual International Forum of Economic Development and Public Policy (AIFED).

oleh Tira Santia diperbarui 24 Nov 2021, 15:50 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2021, 15:50 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu dalam  Taklimat Media “Arah Pemulihan Ekonomi 2021 dan Isu Fiskal Terkini”, Jumat (1/10/2021).
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu dalam Taklimat Media “Arah Pemulihan Ekonomi 2021 dan Isu Fiskal Terkini”, Jumat (1/10/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan kembali menggelar Annual International Forum of Economic Development and Public Policy (AIFED). Pada gelaran yang ke-10 ini tema yang diambil adalah “Finding New Sources of Growth to Recover Stronger”. Acara akan berlangsung pada 1-3 Desember 2021 mendatang.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyebutkan, forum ini merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Australia dan Asian Development Bank.

“Forum yang melibatkan banyak kalangan dari berbagai latar saat ini sangat dibutuhkan untuk terus menciptakan inovasi kebijakan fiskal yang mendukung pemulihan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan dari pandemi Covid-19 ke depan. Selain itu, AIFED ke-10 ini akan sangat bermanfaat sebagai landasan bagi penyusunan rekomendasi kebijakan strategis bagi Rancangan APBN ke depan,” kata Febrio, Rabu (24/11/2021).

AIFED kali ini akan fokus untuk mengeksplorasi isu terkait sumber pertumbuhan baru sebagai strategi untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi dan perekonomian yang lebih kokoh serta berkelanjutan.

“Pembahasan terkait hal ini akan dimuat dalam empat aspek utama, yaitu Product, People, Place, and Policy (4P) untuk dapat menghasilkan masukan kebijakan yang menyeluruh dan inklusif,” ujarnya.

Sumber pertumbuhan baru bagi Indonesia untuk mendukung pemulihan yang kuat akan dieksplorasi dari perspektif sektoral, pengembangan sumber daya manusia, perspektif regional, serta diramu dan diintegrasikan dari sisi kebijakan.

Kegiatan ini diadakan setiap tahun untuk mempertemukan para akademisi, ekonom, profesional, dan pembuat kebijakan dalam satu platform untuk berkolaborasi mendiskusikan isu dan topik kunci serta menawarkan rekomendasi rekomendasi kebijakan dalam menghadapi isu-isu terkini.

Perhelatan AIFED ke-10 akan dibuka oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Prof. Suahasil Nazara; Australian Ambassador to Indonesia, Penny Williams PSM; dan Vice President of Asian Development Bank (ADB), Ahmed M. Saeed.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rangkaian Acara

Selain itu, gelaran AIFED kali ini juga akan mendatangkan beberapa figur ahli dari berbagai bidang seperti, Prof. Keun Lee, Seoul National University; Prof. Paul Ekins, University College London; Kaushik Das, McKinsey & Company; Prof. Ahmad Erani Yustika, Sekretariat Wakil Presiden; Prof. Warwick McKibbin, Australian National University; Kazutoshi Chatani, International Labour Organization (ILO); Henri Blas, Global Infrastructure Hub; Jennifer Gordon, Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Australian Government; Ridha Wirakusumah, Indonesia Investment Authority; dan sejumlah pakar lainnya.

Yang tak kalah menarik, di samping sesi keynote lecture dan diskusi panel, penyelenggaraan AIFED ke -10 ini juga menghadirkan boards’ session dari pelaku usaha; talk show antara komedian dan ekonom untuk membicarakan mimpi Indonesia di 2045.

Sesi leader’s podcast sebagai salah satu platform digital yang banyak digemari berbagai generasi akhir-akhir ini, sebagai salah satu alternatif sosialisasi publik terkait reformasi strukural maupun reformasi fiskal.

Sementara, sesi dikusi dengan para tokoh penggerak ekonomi lokal untuk berbagi pengalaman mereka dalam memberdayakan sumber daya dan meningkatkan produktivitas; serta sesi call for ideas yang merupakan penggalian ide-ide secara terbuka dari semua kalangan dalam menemukan dan mengembangkan sumber pertumbuhan baru bagi Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya