Pesan Sri Mulyani di Awal 2023: Tetap Optimistis, Kita Pasti Kuat

Sri Mulyani mengatakan, tahun 2022 juga menjadi momen remarkable bagi Indonesia. Dimana Indonesia berhasil memimpin forum ekonomi terbesar dunia, G20 di tengah situasi global yang amat sulit.

oleh Tira Santia diperbarui 02 Jan 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2023, 11:00 WIB
Menkeu raker dengan Banggar DPR
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengikuti rapat kerja pemerintah dengan Banggar DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022). Rapat tersebut membahas postur sementara RUU APBN TA 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengingatkan kepada masyarakat bahwa tantangan masih akan berlanjut di 2023. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat agar senantiasa penuh dengan semangat dan optimistis sekaligus tetap waspada.

"Selamat Tahun Baru 2023. Hari pertama kita mulai bekerja. Mari buka lembaran baru dengan penuh semangat dan optimisme, namun tetap waspada. Tantangan mungkin masih banyak ke depan, tetapi kalau kita mampu melewatinya dengan semangat persatuan dan kebersamaan, tentu Indonesia akan menjadi bangsa yang hebat dan negara yang kuat," ungkap Sri Mulyani dikutip dari instagram pribadinya @smindrawati, Senin (2/1/2023).

Menkeu menegaskan, sebelumnya, Indonesia telah melewati banyak hal selama 2022. Manis-pahit, asam-garam, mungkin sudah dirasakan. Semuanya menjadi cerita dan pelajaran tersendiri bagi seluruh masyarakat. Indonesia di 2022 telah membuktikan ketangguhannya dalam melalui situasi multi krisis global.

"Kita tentu ingat bahwa dunia belum benar-benar pulih dari pandemi saat dampak eskalasi geopolitik mulai memberikan tekanan. Namun demikian, dengan upaya bersama dan peran #APBNKita sebagai shock absorber, kita tetap mampu menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Tahun 2022 juga menjadi momen remarkable bagi Indonesia. Dimana Indonesia berhasil memimpin forum ekonomi terbesar dunia, G20 di tengah situasi global yang amat sulit. Keberhasilan Indonesia mendapatkan pujian dan pengakuan dari berbagai negara.

"Kita telah menciptakan suatu tolok ukur yang luar biasa. Tentu ini adalah prestasi yang sangat membanggakan, kita menutup tahun 2022 dengan sangat baik. Prestasi yang seharusnya membuat kita lebih termotivasi untuk jadi lebih baik lagi, dan memberikan lebih banyak hal positif untuk Indonesia," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Menkeu raker dengan Banggar DPR
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengikuti rapat kerja pemerintah dengan Banggar DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022). Rapat tersebut membahas postur sementara RUU APBN TA 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan tahun 2023 Indonesia diperkirakan masih bisa menjaga pertumbuhan ekonominya, mungkin di sisi lain tekanan akan muncul bertubi-tubi karena seperti apa yang disampaikan IMF bahwa tahun 2023 akan gelap.

Kendati begitu, Menkeu menyampaikan momentum pemulihan ekonomi Indonesia cukup baik. Pertumbuhan ekonomi RI diperkirakan masih cukup kuat. Namun, Pemerintah Indonesia harus waspada terhadap trend pelemahan ekonomi dunia.

Oleh karena itu, APBN sebagai keuangan negara akan terus digunakan untuk menjaga ekonomi Indonesia. Namun, APBN sendiri juga harus tetap dijaga kesehatannya.


Sri Mulyani: Semoga Momen Natal Bawa Kedamaian dan Sukacita

Menkeu raker dengan Banggar DPR
Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mengikuti rapat kerja pemerintah dengan Banggar DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022). Rapat tersebut membahas postur sementara RUU APBN TA 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, turut mengucapkan selamat merayakan hari Natal bagi umat kristiani di Indonesia melalui akun instagram pribadinya @smindrawati.

"Selamat merayakan Hari Natal bagi seluruh umat kristiani," ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, setelah 2 tahun penuh penantian, akhirnya pada perayaan natal kali ini umat Kristiani dapat berkumpul kembali bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Merayakannya dengan penuh kehangatan, anak-anak membuka kado sambil berbagi momen istimewa, hal yang selalu ditunggu-tunggu pada saat natal tiba.

"Meski masih berada dalam situasi penuh ketidakpastian, semoga momen natal ini akan membawa kedamaian dan sukacita di seluruh penjuru Nusantara, yang akan mengawali semangat optimisme kita untuk menyambut tahun baru 2023," ujar Menkeu.

Adapun di momen yang baik ini, Sri Mulyani mengajak berdoa agar kita senantiasa diberikan bekal kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

"Semoga sesulit apapun rintangannya, Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang kuat dan utuh, yang selalu menjunjung nilai persatuan, menghargai perbedaan dan toleransi antar sesama," ungkapnya.

 

Infografis Indonesia Kemungkinan Lepas Status Pandemi Covid-19 Awal 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indonesia Kemungkinan Lepas Status Pandemi Covid-19 Awal 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya