Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe Siap Jadi Pemilik Baru Manchester United

Miliarder asal Inggris Sir Jim Ratcliffe, sedang menjajaki upaya untuk membeli klub sepak bola Manchester United.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 18 Jan 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 18:00 WIB
Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Ketertarikan miliarder kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe terhadap MU tampaknya juga harus mendapat persaingan. Perusahaan Amerikas Serikat, Apollo dikabarkan juga memiliki ketertarikan untuk membeli sejumlah saham Manchester United. Bahkan, diskusi awal antara Apollo dan Glazer dikabarkan sudah terjadi. (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan milik miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, Ineos telah secara resmi mengikuti pengejaran untuk membeli klub sepak bola Manchester United.

Dikutip dari BBC, Rabu (18/1/2023) pihak Ineos mengatakan perusahaan telah "secara resmi memasukkan diri ke dalam proses" pembelian klub sepak bola yang juga disebut Man Utd.

Lahir di Failsworth, Greater Manchester, Ratcliffe adalah salah satu penggemar Manchester United semasa kecilnya. Dia juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Inggris.

Sang miliarder mengungkapkan bahwa dia berminat membeli Man Utd, setelah bertemu dengan dua bersaudara Joel dan Avram Glazer, mereka menyatakan tidak ingin menjual.

Seperti diketahui, pemilik Manchester United, yakni keluarga miliarder Glazer, mengatakan pada November 2022 lalu bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menjual klub itu karena "menjelajahi alternatif strategis".

Sebelum Man Utd, Ratcliffe juga sempat ingin membeli Chelsea dengan penawaran 4,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp. 78,8 triliun, namun sayangnya gagal, setelah Roman Abramovich menempatkan klub tersebut untuk dijual.

Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly juga menawarkan 2,5 miliar pounsterling atau Rp. 46,3 triliun untuk saham Chelsesa, menambahkan akan mentransfer 1,75 miliar pounsterling (Rp. 32,4 triliun) untuk diinvestasikan di klub Liga Premier itu.

Terjadi beberapa protes terhadap kepemilikan Glazers dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pada Mei 2021 yang menyebabkan pertandingan liga Manchester United melawan Liverpool ditunda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keluarga Miliarder Glazer Sebelumnya Dikabarkan Bakal Jual Manchester United

Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United
Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada November 2022, keluarga miliarder Glazer yang memiliki Manchester United dikabarkan sedang menjajaki penjualan klub sepak bola ternama asal Inggris tersebut.

Dilansir dari Forbes, kabar penjualan, yang dapat mencakup saham pengendali Manchester United ini datang setelah bertahun-tahun reaksi penggemar atas penurunan kinerja klub sepak bola itu.

Laporan Sky News menyebut, keluarga Glazer menghubungi sebuah bankir investasi untuk mengeksplorasi transaksi potensial yang mungkin berupa penjualan sebagian atau "termasuk lelang besar-besaran" untuk Manchester United.

Seperti diketahui, keluarga Glazer memegang sekitar 97 persen saham MU, meskipun sebagian kecil saham lainnya diperdagangkan secara publik di New York Stock Exchange.

Saham Manchester United naik lebih dari 14,6 persen menyusul kemunculan berita penjualan itu, ditutup USD 14,94 pada Selasa sore (22/11) waktu setempat.

Namun, pihak MU tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Forbes.


Klub Sepak Bola Termahal

Logo Ilustrasi MU
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Forbes memperkirakan Manchester United bernilai USD 4,6 miliar, menjadikannya klub sepak bola termahal ketiga di dunia. Sementara kekayaan keluarga Glazer bernilai USD 4,7 miliar.

Manchester United secara luas dianggap sebagai salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia, setelah memenangkan divisi teratas Inggris dengan rekor 20 kali dan Liga Champions UEFA—dan kompetisi pendahulunya, Piala Eropa—tiga kali.

Tetapi kinerja klub tersebut terus menurun di bawah kepemilikan keluarga Glazer, dengan banyaknya hutang yang menghantui MU, membuat para penggemar menuduh mereka memprioritaskan keuangan pribadi daripada kinerja klub.

Manchester United belum pernah memenangkan Liga Premier sejak 2013 dan terakhir memenangkan kompetisi pada 2016, ketika mereka merebut Piala FA. 


Miliarder Rob Walton Pewaris Walmart, Berani Beli Klub Sepak Bola Denver Broncos Rp 67 Triliun

Ilustrasi miliarder (iStock)
Ilustrasi miliarder (iStock)

Anak tertua dari pengusaha Amerika sekaligus pendiri Walmart Sam Walton yang bernama Rob Walton diperkirakan akan membeli salah satu tim sepak bola Denver Broncos dengan rekor tertinggi senilai USD 4,65 miliar atau sekitar Rp 67,7 triliun.

Lantas, berapakah kekayaan putra pemilik Walmart tersebut?

Melansir Enterpreneur, Sabtu (11/6/2022), tim NFL bernilai USD 3,75 miliar tahun lalu, tetapi terjadi perang penawaran sehingga meningkatkan taruhannya - membawanya jauh dari pembelian tim oleh Pat Bowlen sebesar USD 78 juta pada tahun 1984.

Setelah kematian Bowlen pada tahun 2019, perselisihan hukum di antara kerabat menyebabkan tiga kali juara Super Bowl siap untuk dijual.

Jika diselesaikan, itu akan membuat tawaran Walton menjadi harga tertinggi yang dibayarkan untuk tim NFL mana pun sejak 2018 ketika David Tepper membeli Carolina Panthers seharga USD 2,275 miliar. Kepemilikan tim juga akan mencakup putri Walton, Carrie, dan menantunya, Greg Penner.

Kekayaan Bersih Rob Walton

Putra tertua pendiri Walmart alias Rob Walton ini menjadi pewaris kekayaan Walmart, tepatnya saat dirinya menginjak usia 77 tahun.

Walton diperkirakan memiliki harta mencapai USD 57,9 miliar. Kekayaannya itu membuat dirinya berhasil memegang peringkat orang terkaya ke-22 di dunia.

Sementara itu, saudaranya yang lain, Rob, Jim dan Alice, memiliki kekayaan bersih gabungan sekitar USD 212 miliar, menjadikan mereka salah satu keluarga terkaya di dunia.

infografis miliarder dunia
Pendatang baru miliarder dunia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya