Bandara Kertajati Kembali Layani Penerbangan Umrah dan Perdana ke Kuala Lumpur

Bandara Kertajati akan segera melayani penerbangan charter umroh rute Kertajati (KJT)-Medinah (MED) pada 15 April 2023, menggunakan Maskapai Lion Air kode penerbangan JT-068 dengan pesawat Airbus A330-300. Lalu pada 9 Mei 2023, menyusul maskapai Garuda Indonesia juga akan melayani penerbangan umroh dari Kertajati.

oleh Tira Santia diperbarui 09 Apr 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 19:40 WIB
Bandara Kertajati
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Minggu (9/4/2023), meninjau kesiapan Bandara Kertajati yang akan segera melayani penerbangan umroh, haji, serta reguler.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Minggu (9/4/2023), meninjau kesiapan Bandara Kertajati yang akan segera melayani penerbangan umroh, haji, serta reguler.

Bandara Kertajati akan segera melayani penerbangan charter umroh rute Kertajati (KJT)-Medinah (MED) pada 15 April 2023, menggunakan Maskapai Lion Air kode penerbangan JT-068 dengan pesawat Airbus A330-300. Lalu pada 9 Mei 2023, menyusul maskapai Garuda Indonesia juga akan melayani penerbangan umroh dari Kertajati.

Kemudian pada 17 Mei 2023, dijadwalkan maskapai AirAsia akan melayani penerbangan reguler dengan rute perdana Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.

Selanjutnya, pada bulan Juni s.d. Agustus 2023, akan melayani penerbangan haji setelah ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji oleh Kementerian Agama.

“Kita harapkan dengan selesainya akses jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan semakin memudahkan aksesibilitas dari dan ke Bandara Kertajati,” ujar Menko Muhadjir.

Tugas Angkasa Pura II

Pada kesempatan yang sama Menhub menjelaskan, telah menugaskan PT Angkasa Pura II untuk membantu memastikan kesiapan pelayanan Bandara Kertajati.

“AP II sudah punya pengalaman kerja sama dengan GMR India seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu. Bandara Kertajati akan menjadi bandara hub di Jawa Barat. Lokasinya juga dekat dengan Pelabuhan Patimban yang nantinya akan sebesar Pelabuhan Tanjung Priok. Jadi ini sangat strategis,” tutur Menhub.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Optimalkan Pengoperasian Pesawat

Bandara Kertajati
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Minggu (9/4/2023), meninjau kesiapan Bandara Kertajati.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, akan terus berupaya mengoptimalkan pengoperasian pesawat dari dan ke Bandara Kertajati setelah masa mudik lebaran.

“Nantinya semua pesawat jet dan propeler (baling-baling) akan beroperasi di Kertajati. Sementara, Bandara Husein Bandung akan melayani khusus pesawat VVIP dan private jet. Tetapi setahun ini pesawat propeler masih akan tetap beroperasi di Bandara Husein,” ucap Menhub.

Sementara, Menteri Basuki mengungkapkan, pada akhir Mei 2023 jalan tol Cisumdawu sepanjang 65 Km ditargetkan sudah beroperasi secara penuh.

“Dari Bandung ke Cisumdawu hanya satu jam. Ini akan mendukung Bandara Kertajati sebagai hub baru,” ujarnya.

Pihak pengelola Bandara Kertajati yaitu PT BIJB dan Angkasa Pura II menyatakan fasilitas bandara telah siap untuk melayani para penumpang dan pergerakan pesawat baik untuk umroh, haji, maupun reguler.

Sejumlah fasilitas yang disiapkan di antaranya yaitu: runway sepanjang 3.000 m yang mampu didarati pesawat besar (wide body), area parkir pesawat yang mampu menampung hingga 22 pesawat, area terminal penumpang, parkir kendaraan, musholla, ruang penyimpanan barang berharga, AC, CCTV, stok bahan bakar, serta fasilitas lainnya.

Turut hadir dalam peninjauan, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugianto, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, Dirut AP II Muhammad Awaludin, serta Dirut BIJB Muhamad Singgih.


Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Carter Umrah

Berwisata di Bandara Kertajati
Pengunjung berfoto di area keberangkatan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (30/1/2022). Seperti diketahui, Bandara Kertajati belum melayani perjalanan penumpang dan hanya dioperasikan sebagai terminal kargo pada Selasa-Jumat. (merdeka.com/Iqbal S. N

Bandara Kertajati, di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat siap melayani penerbangan carter umrah pada 15 April 2023. Ini terutama seiring keberadaan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau  Tol Cisumdawu. 

Kesiapan Bandara Kertajati ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni di Jakarta, Selasa (4/4/2023). "Tentunya kami menyambut baik geliat di industri penerbangan terutama di Bandara Kertajati. Apalagi dengan adanya dukungan fasilitas operasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang secara fungsional sudah dibuka," ujar dia.

Kemenhub mengungkapkan jika permintaan keberangkatan jamaah umrah terus meningkat memasuki musim umrah pada Ramadhan 2023 sehingga mempengaruhi permintaan penerbangan carter oleh agen travel.

Kemenhub sendiri sudah memastikan Tol Cisumdawu akan segera beroperasi penuh pada 15 April 2023 mendatang sehingga akan semakin mempermudah akses dari/ke Bandara Kertajati.

Adapun maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT-068 akan melayani penerbangan carter umroh dengan rute Kertajati (KJT)-Madinah (MED) menggunakan pesawat Airbus A330-300.

Untuk kelancaran pelayanan penerbangan umrah tersebut, Kristi menegaskan kepada maskapai serta penyelenggara bandara agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan serta mengedepankan pelayanan terhadap penumpang.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk persiapan fasilitas sarana dan prasarana, termasuk personel yang bertugas di bandara," katanya.

 


Jadi Stimulus

Mulai bulan Mei nanti, Bandar Udara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan melayani rute penerbangan Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) pulang pergi yang dioperasikan oleh Maskapai AirAsia Berhard.
Mulai bulan Mei nanti, Bandar Udara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan melayani rute penerbangan Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) pulang pergi yang dioperasikan oleh Maskapai AirAsia Berhard. (Dok. Kemenhub)

Ia juga mengharapkan dengan adanya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati akan menjadi stimulus untuk penerbangan lainnya baik domestik dan internasional agar bisa dilaksanakan melalui Bandara Kertajati.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah memastikan Bandara Kertajati siap melayani penerbangan haji 2023. Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan Bandara Kertajati sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji.

"Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7.000 sampai 8.000 jemaah haji berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati," kata Menhub belum lama ini. 

Infografis Bandara Kertajati
Infografis Bandara Kertajati (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya