Lantik Yudistian Yunis Jadi Dirut Baru Geo Dipa Energi, Ini Pesan Sri Mulyani

Geo Dipa harus menjadi BUMN yang sehat, reliabel, memiliki tata kelola yang baik, dan mampu menjadi salah satu instrumen mewujudkan transformasi energi Indonesia menuju energi yang terbarukan dan hijau.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Apr 2023, 18:15 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 18:15 WIB
Menteri keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik Direktur Utama (Dirut) PT Geo Dipa Energi (Persero) Yudistian Yunis pada Kamis 6 April 2023. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik Direktur Utama (Dirut) PT Geo Dipa Energi (Persero) Yudistian Yunis pada Kamis 6 April 2023.  Yudistian Yunis menggantikan Ikbal Nur yang meninggal pada 16 Desember 2023. 

“Selamat bekerja Pak Yudis. Jaga perusahaan dengan sepenuh hati, kejujuran, integritas, profesionalisme, dan kompetensi yang tinggi. Mapankan kepemimpinan secara efektif dan jaga seluruh kinerja secara optimal,” ujar Sri Mulyani dikutip dari Antara, Senin (10/4/2023).

Direktur Utama Geo Dipa Energi yang baru ini akan menakhodai sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang merupakan Special Mission Vehicle (SMV) di bawah naungan Kemenkeu bidang geotermal. Geotermal merupakan salah satu sarana yang luar biasa strategis dan diperlukan kerja sama yang luar biasa dalam memaksimalkannya.

Dalam meningkatkan kemampuan transformasi energi, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di bidang energi terbarukan, termasuk geotermal. Dengan demikian, kemampuan dari persero dan perusahaan sangat diperlukan untuk bisa mewujudkan potensi tersebut menjadi kenyataan.

Adapun Geo Dipa Energi memiliki potensi yang sangat besar dan masih dapat terus dikembangkan. Saat ini, perseroan sedang mengembangkan dua pembangkit listrik untuk tenaga panas bumi sebesar 120 megawatt.

Tujuan Utama Geodipa

Menurut Menkeu, diperlukan tata kelola, manajemen, dan kepemimpinan yang baik dalam mencapai tujuan utama, yaitu menjalankan operasi dengan zero risk of incident dan mewujudkan berbagi proyek secara tepat waktu, sehingga seluruh minat investasi bisa berjalan dengan baik.

“Geo Dipa harus menjadi BUMN yang sehat, reliabel, memiliki tata kelola yang baik, dan mampu menjadi salah satu instrumen mewujudkan transformasi energi Indonesia menuju energi yang terbarukan dan hijau,” katanya pula.

Sri Mulyani pun berharap ke depannya Geo Dipa dapat menjaga kinerja dengan optimal dan senantiasa efektif, kredibel, serta reliabel menjadi instrumen transformasi energi Indonesia menuju energi terbarukan yang andal sebagai kepentingan internasional dunia kepada Indonesia.


Direktur Utama Geo Dipa Energi M Ikbal Nur Meninggal Dunia

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), M Ikbal Nur
Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), M Ikbal Nur

Kabar duka datang dari sektor energi. Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), M Ikbal Nur meninggal dunia. Almarhum meninggal dunia pada Jumat, 16 Desember 2022 pukul 19.50 di RS Mayapada, Jakarta.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun. Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak M Ikbal Nur Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero). Pada Jumat, 16 Desember 2022 pukul 19.50 di RS Mayapada, Jakarta," mengutip informasi pesan yang diterima Liputan6.com.

Rencananya jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Kemudian dimakamkan Tanah Kusir meski masih tentatif pada 17 Desember 2022 Pukul: 08.00 WIB.

"Kami segenap Keluarga dan seluruh Insan Geo Dipa memohon agar segala kesalahan beliau selama hidup dapat dimaafkan, serta memohon doa agar seluruh dosanya diampuni oleh Allah. Amin," demikian bunyi pesan duka tersebut.

Mengutip laman resmi Geo Dipa Energi, M Ikbal Nur lahir di Jakarta pada tanggal 7 November 1967. Dia meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Indonesia tahun 1991 dan menyelesaikan Master of Engineering Management di Curtin University of Technology tahun 2007.

Dia diangkat sebagai Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) pada tanggal 7 April 2022.

Muhammad Ikbal Nur memulai karir di PT PLN (Persero) pada tahun 1993 sebagai staff engineer Perencanaan System Kelistrikan.

Berbagai posisi penting juga pernah dijabat oleh Muhammad Ikbal Nur antara lain Kepala Divisi Perencanaan Keuangan di Direktorat Keuangan tahun 2011-2013, Kepala Divisi Bisnis dan Transaksi di Direktorat Perencanaan tahun 2014 – 2015.

Kemudian Kepala Divisi Perencanaan di Direktorat Perencanaan tahun 2015 – 2016 di PT PLN (Persero) dan Direktur Keuangan PT Geo Dipa Energi (Persero) tahun 2016 – 2020.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya